Socbay.io Gunakan Crust, Ini Berbagai Keuntungan yang Didapatkan

Anisa Giovanny

10th August, 2021

Dalam upaya membawa web3 ke dunia nyata, Socbay.io merupakan platform terdesentralisasi hibrida di mana semua video dan gambar di platform tersimpan di Crust Network, sebuah proyek untuk penyimpanan terdesentralisasi.

Platform ini menggunakan Crust karena memberikan solusi baru untuk mengurangi kekuatan dari perusahaan penyimpanan terpusat seperti Google, Dropbox, dan lain sebagainya.

Beberapa keuntungan Crust Network tidak dimiliki cloud terpusat antara lain adalah:

Bandwidth tidak terbatas

Bandwidth mahal di cloud terpusat, sebab cloud di penyimpanan terpusat memiliki sumber daya yang terbatas. Hal ini membuat bandwith harud diatasi dengan menagih pelanngan. Berlawanan dengan cloud terpusat, Crust Network kompatibel dengan jaringan IPFS publik yang saat ini memiliki lebih dari 200 ribu node (nomor di https://protocol.ai/ — pembuat IPFS).

Crust Network dapat meminta node ini untuk menyimpan sebagian data di cache mereka untuk waktu singkat jika ada permintaan file ke Crust Network. Semakin banyak permintaan yang diterima sebuah file, semakin banyak node yang menampung file tersebut sehingga kecepatan pengambilan file akan lebih cepat jika ada lebih banyak request.

Replika yang Berlebihan

Dalam kondisi normal, Crust Network dapat membuat lebih dari 100 replika untuk setiap file. Informasi file transparan, pengguna dapat memeriksa node mana yang menyimpan file mereka dan berapa banyak node yang melakukannya.

Struktur Socbay.io

Seperti yang ditunjukkan dalam diagram, bagian berat dari platform berbagi video adalah menyimpan video dan mengalirkan video ke pengguna dengan kecepatan tinggi, Crust Network sepenuhnya menangani misi ini untuk platform.

Selain Crust Network, Socbay masih menggunakan cloud terpusat untuk menyimpan database dinamis/pribadi dan memproses permintaan pengguna.

Kesimpulan

Setelah menjalankan Socbay.io selama 5 bulan,  ada beberapa poin yang bisa diambil dari  penyimpanan terdesentralisasi, yakni:

Mudah dikelola: Socbay.io  mengubah penyedia cloud terpusat 3 kali tetapi proses mengubah penyedia cloud sangat sederhana, mereka  hanya perlu menyalin database yang ada ke cloud baru, database hanya berisi ID video sehingga mudah untuk dipindahkan.

– Bandwidth tidak terbatas: bandwidth adalah biaya variabel dari platform berbagi video terpusat, tetapi dalam kasus Socbay, bandwidthnya gratis sehingga kami tidak memiliki biaya variabel untuk dikelola.

– Kecepatan pengambilan tinggi jika permintaan tinggi: ini merupakan nilai tambah jaringan IPFS.


Itu dia berbagai kelebihan yang sudah dirasakan oleh Socbay.io dengan menggunakan Crust, seiring waktu bukan tidak mungkin lebih banyak platform yang menggunakan Crust sebagai dasar jaringan untuk menyimpan data yang lebih terdesentralisasi.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency