Berita Bitcoin · 7 min read

Skema Ponzi Crypto Kembali Menipu Para Nasabah Di Afrika Selatan

Amuk Masa Ladysmith, Afrika Selatan dilaporkan membakar kediaman Sphelele Mbatha, sebagai Sgumza, manajer yang diduga melakukan skema Ponzi crypto Wallet. Massa kemungkinan adalah kumpulan korban yang kehilangan uang melalui Bitcoin Wallet, menurut laporan oleh Ladysmith Gazette pada 10 Juli.

Polisi setempat telah menyelidiki Skema Ponzi crypto tanpa nama di Ladysmith, seperti yang dilaporkan oleh IOL. Menurut laporan tersebut, Bitcoin Wallet tampaknya telah membuat janji menjadi cepat kaya bagi calon investor.

Seorang anggota komunitas yang tidak disebutkan namanya dilaporkan mengatakan kepada publikasi bahwa Bitcoin Wallet berjanji untuk menggandakan uang investor dalam hitungan minggu:

“Dari apa yang kami dengar, Bitcoin Wallet adalah investasi, bukan skema piramida. Dia (pemilik) telah berbicara di media, bahwa dia menginvestasikan uang dalam bitcoin dan mampu menggandakan uang itu dalam waktu tiga jam. Jika Anda memasukkan jumlah R100000, Anda mendapatkan jumlah R200000 dalam 15 hari.”

Pernyataan Sgumza

Sesuai pengumuman sebelumnya, Sgumza mengatakan kepada Ladysmith Gazette, hanya lima hari sebelum acara pembakaran, bahwa ia hanyalah seorang manajer, tanpa pengetahuan atau kekuasaan atas dugaan masalah back-end perusahaan:

Baca juga: Bursa Crypto Bitfinex Dituntut Jaksa Agung New York!

“Saya tidak tahu apa yang sedang terjadi. Saya tidak tahu cara pengelolaannya secara online atau bagaimana sistem ini bekerja. Saya harus kerja di toko. Pemilik perusahaan menjalankan bisnis online. Saya hanya manajer cabang Ladysmith.”

Sgumza selanjutnya mengklaim bahwa ia sendiri kehilangan uang dan sekarang kehilangan pekerjaan:

“Saya tidak akan melanjutkan bekerja. Saya tidak punya uang tunai lagi. Pemilik mengatakan orang harus melakukannya secara online dan mengumpulkan uang mereka secara online. Saya sendiri telah menginvestasikan uang saya di sana. Saya mengirimkan detail perbankan saya secara online dan sekarang saya juga menunggu.”

Ketegangan dilaporkan tinggi di daerah itu. Seorang petugas komunikasi menerima pengaduan tentang kerumunan, gangguan publik, dan kemacetan lalu lintas. Terlebih lagi, klien dilaporkan terlibat perkelahian ketika staf Bitcoin Wallet menolak mereka saat mereka mencoba memasuki kantor perusahaan.

Sgumza dilaporkan mengatakan dalam sebuah wawancara radio pada tanggal 9 Juli bahwa pelanggan Bitcoin Wallets ditipu oleh penipuan yang mungkin tidak berhubungan. Penipuan ini dilaporkan menargetkan orang-orang yang menjadi kreditor Bitcoin Wallet, dengan mengatakan mereka perlu masuk ke situs web untuk mengumpulkan dana mereka.

Seperti dilansir Cointelegraph pada 2 Juli, Afrika Selatan memperdagangkan Bitcoin hampir $ 11.000 di pertukaran crypto Luno, yang 10,5% lebih tinggi daripada indeks harga Cointelegraph pada saat itu. Namun, mitra Adamant Capital, Tuur Demeester, memperingatkan bahwa harga yang tercantum kemungkinan mewakili “inflasi yang tidak diakui oleh pemerintah.”

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.