Situs Penggalangan Dana untuk Kesehatan dengan Kripto Diblokir di Venezuela

Wafa Hasnaghina

28th August, 2020

Jutaan dolar yang ditujukan untuk membantu petugas kesehatan di Venezuela karena krisis pandemi Covid-19 mengalami kendala serius. Pasalnya situs bursa pertukaran mata uang kripto yang membantu proyek penggalangan dana tersebut diblokir oleh pemerintah Venezuela.

Inisiatif ini diluncurkan pada minggu lalu oleh pemimpin oposisi utama, Juan Guaido, untuk mencairkan dana pemerintah Venezuela yang dibekukan dan mentransfernya ke negara Amerika Selatan. Proyek Heroes of Health ini bertujuan untuk dapat mengumpulkan dan mengirim dana sebesar $17 juta kepada 62.000 petugas medis kesehatan dengan upah rendah dalam membantu mereka melawan penyebaran Covid-19 ini.

Namun, hal ini tidak berjalan lancar, pasalnya situs bursa pertukaran AirTM, yang seharusnya membantu mengumpulkan dana berupa kripto dalam proyek ini, diblokir dan tidak dapat diakses, menurut laporan Associated Press.

AirTM sendiri menggunakan dompet digital yang dapat terhubung ke bank lokal dan blockchain yang dapat mengirimkan uang ke luar negeri. Terlebih, AirTM sendiri merupakan platform populer di kalangan masyarakat Venezuela dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terkait dengan inflasi tinggi yang melanda Venezuela, sehingga banyak dari masyarakat mencoba cara lain dalam memasukan dolar ataupun kripto ke negara tersebut.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Bisa Menjadi Momen Emas Bagi Cryptocurrency dan Blockchain

Usaha Lain untuk Akses Situs Penggalangan Dana Kripto

Seperti dilansir dari Decrypt, karena keadaan tersebut, banyak pengguna akhirnya mencoba cara seperti menggunakan VPN dalam mengakses dana tersebut. Terlebih, dana tersebut dibutuhkan dalam membantu tenaga medis di sana.

Juan Guido sendiri masih terus berusaha untuk mencoba membantu orang-orang dalam mengakses uang tersebut.

AS tahun lalu membekukan aset pemerintah Venezuela dalam upaya menekan Presiden Nicolas Maduro. Krisis global yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 membuat Venezuela menderita krisis keuangan negara yang parah. Pasalnya, harga minyak yang selama ini menopang perekonomian juga ikut anjlok karena pandemi. 

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini