Berita Bitcoin · 7 min read

Siapa Pemilik Domain ‘CryptoForHealth’ Di Balik Serangan Twitter?

Para pencari kebenaran dari internet atau yang sering disebut sleuth berkumpul untuk menginvestigasi lebih lanjut situs web ‘CryptoForHealth (dot) com’ yang dikaitkan dengan peretasan akun Twitter secara terkoordinasi pada 15 Juli lalu.

Serangan tersebut berupaya menyebarkan upaya penipuan dengan mencatut banyak akun dari banyak tokoh crypto ternama yang mengaku bermitra dengan CryptoForHealth untuk membagikan 5.000 Bitcoin (BTC) kepada komunitas crypto.

Beberapa cuitan pada Twitter resmi dari perusahaan atau orang ternama, seperti Binance, Coinbase, Gemini, dan para eksekutif mereka mengklaim kemitraan dengan CryptoForHealth.

Tyler dan Cameron Winklevoss yang merupakan co-founder dari Gemini memberikan peringatan terkait hal ini, dengan mengatakan “hampir semua akun Twitter dari komunitas crypto telah diambil alih”, meskipun perusahaan menggunakan kata sandi yang kuat dan otentikasi dua-faktor.

Baca juga: Hacker Serang Twitter, Hati-Hati Scam 5000 Bitcoin!

CryptoForHealth (dot) com

Domain itu didaftarkan pada hari yang sama dengan peretasan, menurut Internet Corporation for Assigned Names and Numbers. Situs tersebut sejak saat peretasan dilakukan ditandai sebagai situs phising dan akan dimatikan segera.

Menurut laporan terbaru, informasi akun pendaftar domain tersebut telah diketahui, ia menggunakan nama Anthony Elias dari California dengan menggunakan alamat email mkeywirth5(@)gmail(dot)com

Namun, alamat email tersebut tidak memberikan alamat pasti dari Google Maps, dan nomor telepon yang terdaftar di dalamnya tidak dapat dihubungi. Jika melihat Whois, informasi tersebut telah dihapus untuk “kepentingan privasi”.

Bitcoin Puncaki Tren di Twitter

Peretasan ini membuat ‘Bitcoin’ sebagai kata kunci yang paling populer di Twitter setelah akun-akun resmi Elon Musk, Jeff Bezos, Mike Bloomberg, dan tokoh bisnis terkemuka lainnya juga ikut menjadi korban dari adanya penipuan bagi-bagi 5000 BTC ini.

Seorang pengguna Twitter melaporkan bahwa akun ibunya juga ikut menjadi “calon” korban dari penipuan terkait 5.000 BTC dari CryptoForHealth ini.

https://twitter.com/ColePetersen14/status/1283500878981292032

Penipuan crypto semacam ini terus berkembang dalam beberapa bulan terakhir, dengan juga menggunakan platform lain seperti Youtube dan juga mencatut orang-orang terkenal sebagai alat pancingnya.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.