Siap-siap! Besok Ada Dua Hal Penting di Pasar Crypto

Naufal Muhammad

13th April, 2021

14 April 2021, merupakan hari yang akan memiliki beberapa kabar penting yang dampaknya akan signifikan untuk pasar crypto.

Dua hal utama ini nampaknya tidak hanya akan memberikan kejelasan terhadap pergerakan altcoins, namun juga akan memperluas adopsi crypto.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai dua hal penting yang akan terjadi pada esok hari, Selasa, 14 April 2021.

1. IPO Bursa Crypto Coinbase

Bursa crypto kedua terbesar di dunia menurut coinmarketcap, Coinbase, dikabarkan akan melantai di bursa saham Amerika (IPO).

Dikabarkan bahwa besok, 14 April 2021, akan menjadi tanggal resmi saham dari perusahaan Coinbase diperdagangkan.

Coinbase akan memiliki ticker atau nama saham COIN, dan akan menjadi bagian dari indeks saham Nasdaq-100.

Bursa crypto dengan volume $2.733.622.598 atau hampir Rp40 Triliun per hari ini, akan menjadi bursa crypto pertama yang melantai di pasar saham.

Mayoritas analis di pasar keuangan menyatakan bahwa IPO ini akan menjadi IPO terbesar dan terpenting di 2021.

Jeff Sica, pendiri Circle Squared Alternative Investments, menyatakan kepada FOX Business bahwa IPO ini akan memiliki dampak signifikan. Ia menyatakan,

“Saya melihat IPO ini sebagai jembatan antara pasar crypto yang terdesentralisasi dan pasar keuangan tradisional. IPO ini akan membawa pasar crypto lebih maju, dan memberikan kemungkinan adopsi yang lebih luas terhadap mata uang masa depan ini.”

Dengan IPO ini kemungkinan besar jembatan antara saham dan crypto akan menjadi lebih dekat, sehingga adopsi crypto akan menjadi semakin luas.

Baca juga: Coinbase Kuasai Crypto, Ini Jumlah Kepemilikannya

Coinbase sendiri memiliki lebih dari 50 crypto yang tersedia untuk diperdagangkan di bursanya, termasuk Bitcoin.

Perusahaan ini telah memiliki lebih dari 56 Juta pengguna dan mengayomi 7.000 investor institusional, dan 115.000 rekan di lebih dari 100 negara.

Mengingat hal tersebut, publikasi Coinbase akan semakin besar, yang menandakan potensi pengguna akan semakin meningkat.

Dengan penggguna yang semakin meningkat, maka mayoritas crypto, terutama yang terdaftar di Coinbase, berpotensi mengalami apresiasi dalam investornya.

Hal tersebutlah yang membuat IPO Coinbase ini berpotensi menjadi salah satu hal penting yang akan terjadi pada esok hari.

2. Berlin Hardfork Ethereum

Kejadian kedua adalah Berlin Hardfork pada Blockchain Ethereum, yang akan terjadi juga pada 14 April 2021.

Hardfork adalah sebuah saat dimana blockchain terpecah menjadi dua, yang menciptakan ruang untuk adanya inovasi pada jaringan baru.

Dikabarkan bahwa Berlin Hardfork ini akan mencapai ketinggian block sebesar 12,244,000″ dan akan mengimplementasikan empat proposal baru.

Empat proposal ini akan berisi inovasi baru dimana akan bernama Ethereum Improvement Proposal atau EIP, yaitu EIP 2565, 2929, 2718, dan 2930.

Inti dari keempat proposal tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas Blockchain Ethereum dengan validasi yang cepat dan biaya lebih rendah.

Namun Hardfork ini belum melibatkan EIP 1559, yang merupakan proposal yang paling ditunggu oleh mayoritas investor Ethereum.

Tapi, walaupun begitu, Belin Hardfork yang akan terjadi pada 14 April 2021, berpotensi memiliki dampak yang signifikan.

Baca juga: Ethereum di DeFi Sentuh Angka Tertinggi, Ini Jumlahnya

Hal ini disebabkan adanya potensi penurunan biaya yang dapat membuat Ethereum dapat kembali bersaing dengan Blockchain lain yang biayanya lebih rendah saat ini.

Membahas tentang persaingan Blockchain, salah satu saingan Ethereum, Binance Smart Chain, juga akan mengadakan satu hal penting.

Hal tersebut adalah Token Burn untuk Binance Coin yang dikabarkan akan terjadi pada 30 April 2021, atau lebih cepat, menurut Coinmarketcal.com.

Untuk Ethereum sendiri, adanya implementasi empat EIP baru ini dapat membawa apresiasi akibat adanya dorongan sentimen positif.

Namun semua baru akan terlihat setelah Hardfork berhasil dilaksanakan, akibat juga adanya potensi tekanan jual akibat buy the rumor sell the news.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.