Siap Rilis, Facebook Coin Ungkap Dapat Banyak Dukungan

By Aulia Medina     Monday, June 17 2019

Platform media sosial Facebook dilaporkan mendapatkan banyak dukungan dari puluhan pemain dalam sektor industri mata uang crypto dan blockchain untuk mata uang digital Facebook yang akan dirilis mendatang. Hal ini diumumkan oleh platform media teknologi, Block pada tanggal 14 Juni lalu.

Layanan keuangan mendukung proyek Facebook

Sebelumnya hari ini, ada kabar bahwa Facebook diduga telah mendapatkan dukungan dari lebih dari selusin perusahaan yang meliputi Visa, Mastercard, PayPal dan Uber untuk proyek mata uang crypto yang akan segera diluncurkan, dijuluki “Libra.” Seluruh para investor ini bersama-sama membentuk Asosiasi Libra .

Nama-nama yang dikutip oleh Blok menunjukkan bahwa konsorsium yang dibentuk untuk mengatur proyek juga akan mencakup investor seperti perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz dan Union Square Ventures, bursa mata uang crypto Coinbase, dan organisasi nirlaba termasuk Mercy Corps. Di antara anggota lainnya, outlet berita menyebutkan para pemangku kepentingan dari berbagai industri, dan di dalamnya termasuk telekomunikasi, e-commerce, dan media.

Baca juga: Stablecoin Facebook Jadi Ancaman Bagi Bank

Daftar lengkap anggota pendiri asosiasi Libra, yang dilaporkan akan diumumkan Facebook minggu depan:

Facebook

Sebuah sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada Block bahwa perusahaan itu bertujuan untuk menarik 100 anggota dalam konsorsium yang mengatur semuanya. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Facebook konon akan mengamankan $ 1 miliar dari 100 peserta karena dilaporkan membebani setiap anggota $ 10 juta untuk mengelola node mereka sendiri.

Sebelumnya, sudah diumumkan bahwa Facebook telah merekrut kepala urusan publik Bank Standard Chartered, Ed Bowles untuk mengantisipasi pengawasan peraturan yang lebih besar di Eropa atas rencananya untuk meluncurkan aset crypto dan layanan keuangan lainnya kepada 2,4 miliar penggunanya. Bowles sendiri akan bergabung dengan perusahaan pada bulan September mendatang, dan dia ditetapkan untuk melayani sebagai direktur kebijakan publik perusahaan yang berbasis di London.

Hari ini, analis bank investasi global, RBC Capital, Mark Mahaney dan Zachary Schwartzman mengatakan bahwa proyek stablecoin Facebook yang sudah lama beredar beritanya “mungkin terbukti menjadi salah satu inisiatif paling penting dalam sejarah perusahaan.”

Sumber