Berita Altcoins · 6 min read

Polkadot (DOT) Salip XRP dalam Kapitalisasi Pasar

Menurut angka dari portal analitik terkemuka Coingecko, Polkadot (DOT) telah menyalip XRP Ripple dalam hal kapitalisasi pasar menyusul kenaikan besar-besaran sebesar 26% selama 24 jam terakhir. Ini menjadikannya cryptocurrency terbesar keempat baru berdasarkan kapitalisasi pasar


Token Polkadot telah melonjak dari level terendah intraday tepat di bawah $11 dan memperoleh harga tertinggi sepanjang masa di $14,80 sebelum turun kembali. Pergerakan harga yang besar telah mendorong kapitalisasi pasarnya menjadi $ 13,7 miliar seperti dilansir Coingecko.

XRP, sebaliknya, hanya berhasil memperoleh 3,7% selama 24 jam terakhir. Kapitalisasi pasarnya saat ini tepat di bawah DOT yaitu $13,5 miliar.

Statistik dari platform Polkadot sendiri memperkirakan ia memiliki kapitalisasi pasar yang lebih tinggi yaitu $14,8 miliar menggunakan angka sirkulasi lebih dari satu miliar token. Statistik crypto Messari juga menunjukkan DOT telah menyalip  XRP dengan perbedaan kapitalisasi pasar $3 miliar.

Baca juga: Polkadot Sentuh Harga Tertinggi! Kapitalisasi Pasarnya Cetak Rekor

Coinmarketcap Punya Hasil yang Berbeda

Coinmarketcap yang dimiliki Binance adalah satu-satunya situs yang tidak setuju karena melaporkan pasokan DOT sepuluh persen lebih rendah. CMC terlambat mendaftarkan Polkadot, yang merupakan pesaing Ethereum dan Binance Smart Chain.

Polkadot pada dasarnya adalah protokol multi-rantai yang memiliki sejumlah ‘parachain’ (disebut pecahan di Ethereum) dan bekerja dengan teknologinya sendiri yang disebut ‘Substrat’, yang merupakan kerangka kerja blockchain.

Platform ini sepenuhnya dapat dioperasikan, memungkinkan blockchain lain untuk terhubung ke jaringan sebagai sidechain dan protokol blockchain memiliki kemampuan untuk memproses ribuan transaksi per detik, membuatnya dijuluki sebagai ‘pembunuh Ethereum’ terbaru.

Baca juga: Apa itu Polkadot? Panduan Lengkap untuk Pemula dalam 3 Menit!

Testnet Terbaru Dorong Momentum

Pembaruan terbaru yang mungkin mendorong momentum ini disebabkan peluncuran testnet parachain Rococo-nya yang ditayangkan pada akhir Desember. Saat ini komunitas Polkadot pun semakin ramai dengan pembaruan yang telah dilakukan.

Pembaruan Rococo V1: 13:51 (UTC) 14 Januari 2021 mencatakan ada 4 parachain dan 19 proposal yang bergabung. Diantaranya adalah @PalaNetwork @ZenlinkPro @chainxorg @AcalaNetwork @CrNetwork @Kiltprotocol @bifrost_finance @polkaBTC @encointer @LaminarProtocol @cloverfinance @DarwiniaNetwork

Faktor lain yang mendorong momentum ini beberapa diantaranya adalah masalah dengan DeFi di Ethereum karena permintaan penskalaan meningkat, bersama dengan struktur pasar teknis yang kuat.

Informasi ini bisa didapatkan kembali di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Felita Setiawan

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.