Sektor ICO Tunjukan Tanda-Tanda Peningkatan

By Aulia Medina     Tuesday, May 28 2019

Sektor initial coin offering (ICO) menunjukan adanya tanda-tanda sedikit peningkatan dikarenakan sentimen positif investor. Rupanya hal ini disebabkan oleh pengerahan pasar crypto. Data ini diungkapkan dalam sebuah laporan berita dari platform token ICObench, dibagikan dengan Cointelegraph pada 25 Mei.

Data pada 21 Mei, laporan tersebut mencatat bahwa nilai kesuksesan ICO telah meningkat, seolah-olah meningkatkan kualitas proyek. 85% total dana yang terkumpul sejauh ini pada bulan Mei dilaporkan jatuh kepada proyek dengan nilai tinggi (3-3.5) — dibandingkan dengan 68% di bulan April

Menurut data ICObench, jumlah dari proyek yang dirilis pada bulan Mei telah meningkat dari 157 ke 5.512 proyek, dengan 287 ICO yang masih lanjut dan diharapkan 140 penjualan token mendatang.

Peningkatan ICO

Laporan tersebut mencatat bahwa data untuk total dana yang dikumpulkan sejauh ini pada bulan mei kewalahan dengan dilaporkan $1 miliar initial exchange offering (IEO) dari exchange crypto Bitfinex — total jumlah dana yang terkumpul melalui penjualan token bulan ini sekitar $1.075 miliar.

Baca juga: Internal Revenue Service Janjikan Penerbitan Panduan Pajak Crypto

Seperti yang dilaporkan, IEO mempersembahkan model alternatif penawaran token dimana crypto exchange tersentralisasi mengoperasikan penjualan dan seolah-olah memeriksa proyek mereka sendiri dan calon investor.

Disamping dari Bitfinex, IEO dari Economi dan Poseidon sama-sama meraih sekitar $10.5 juta dan $2.5 juta, menurut laporan tersebut. Jumlah dari seluruh dana yang dikumpulkan dari top 5 IEO (kecuali Bitfinex) sejauh bulan ini meraih hampir $15.5 juta.

Penawaran utama Bitfinex pada bulan Mei menjadikannya sebagai bulan dengan total pengumpulan dana tertinggi di 2019. Pada data ICObench — yang mewakili Mei 2018 hingga 21 Mei 2019 — hanya Mei dan Juni 2018 yang melihat tingkat total dana tertinggi dari yang dikumpulkan melalui penjualan token.

Dari hal distribusi geografi, Brisitish Virgin Islands memimpin jumlah dana, diikuti Cayman Island. Inggris Raya berkontribusi atas jumlah tertinggi ICO — dengan 9 proyek — namun dinilai hanya 7 tempat dari total dana.

Pada pertengahan Mei, Bitfinex meresmikan token utilitas exchange aslinya sendiri, LEO, yang seolah-olah exchange tersebut mengumpulkan $1 miliar dalam IEO pribadi — menghapus kebutuhan untuk penawaran umum. Pada bulan ini, bersama dengan Ethfinex, Bitfinex telah meluncurkan platform IEO.

Sementara itu pertukaran itu terus menantang proses pengadilan yang dipicu oleh tuduhan Jaksa Agung New York (NYAG) baru-baru ini terhadapnya. NYAG menduga bahwa
perusahaan tersebut kehilangan $850 juta dalam deposit pengguna dan secara diam-diam menutupi kerugian menggunakan dana dari perusahaan saudara, operator stablecoin, Tether.

Sumber