Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Analis: Sedikit Modal, Dapat Dorong Bitcoin Capai Kapitalisasi Pasar $ 1 Triliun

Wafa Hasnaghina     Saturday, October 10 2020

Pegerakan Bitcoin terus membangun basis fundamental bullish. Seorang analis mengklaim ada cukup modal dalam crypto untuk mendorong Bitcoin melaju menuju kapitalisasi pasar dengan jumlah lebih dari $1 triliun. 

Jika hal itu bisa ditembus, Bitcoin sebagai aset kripto terkemuka akan dianggap sebagai wadah yang tepat untuk mengucurkan aset investasi di dalamnya. Tentunya, ini akan berdampak pada harga per BTC yang akan semakin tinggi.

Willy Woo: Kapitalisasi Pasar Bitcoin Sebesar $1 Triliun Buat Bitcoin Sebagai “Aset Utama”

Saat ini Bitcoin merupakan mata uang crypto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Ia juga merupakan aset paling dominan di industri ini. Saat penulisan artikel, kapitalisasi pasar Bitcoin saja sudah mencapai $201 miliar. 

Jumlah ini mewakili hampir 60% dari total kapitalisasi pasar mata uang crypto. Kapitalisasi pasar mata uang crypto saat ini sebesar $340 miliar.

Menurut analis fundamental Bitcoin, Willy Woo, kapitalisasi pasar Bitcoin akan mencapai $1 triliun dengan modal atau dana masuk sekitar $25 miliar. 

Jika jumlah tersebut bisa ditembus Bitcoin, ia juga memprediksi bahwa nilai Bitcoin akan mencapai $54.000 per BTC atau setara Rp709 juta.

Pertumbuhan Kapitalisasi Pasar Bitcoin

Kapitalisasi pasar mata uang crypto ini dikaitkan dengan pasokan mata uang crypto yang beredar. Pada saat artikel ditulis pasokan Bitcoin yang beredar telah mencapai 18,512,100 BTC dari total 21 juta BTC.

Untuk menambahkan jumlah $800 miliar yang kurang dari Bitcoin, pasar Bitcoin hanya memerlukan modal masuk sebesar $25 miliar. Hal ini juga akan melibatkan likuiditas, penawaran, serta permintaan pada pasar. Ketiga faktor tersebut harus dapat mendukung keberadaan Bitcoin untuk dapat melaju menuju kapitalisasi pasar $1 triliun.

Woo juga menunjukan lebih dari $18 miliar stablecoin didukung oleh aset dan modal yang nyata di pasaran, misalnya seperti USDT yang didukung USD, saat ini keberadaannya masih dikesampingkan. 

Padahal stablecoin tersebut dapat menjadi katalis yang dapat dengan cepat membawa kapitalisasi pasar Bitcoin menjadi $1 triliun dan lebih. 

Willy Woo juga meyakini bahwa dengan adanya sedikit saja FOMO di pasar, atau modal perusahaan besar masuk ke pasar crypto, jumlah tersebut akan bisa dicapai dalam waktu singkat.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini