Berita Industri · 8 min read

SEC Tunda Keputusan Konversi Ethereum Trust Grayscale

trust etf ditunda

Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat telah menunda keputusannya mengenai apakah akan menyetujui atau menolak tawaran konversi Ethereum Trust Grayscale menjadi ETF Ethereum spot.

SEC Tunda Keputusan Ethereum Trust Grayscale

SEC memperpanjang periode pengambilan keputusan untuk aplikasi Grayscale yang mengajukan konversi Grayscale Ethereum Trust menjadi ETF spot selama 45 hari kedepan hingga 25 Januari 2024, sesuai dengan pengajuan pada hari Selasa (5/12/23).

Grayscale telah mengajukan permintaan kepada SEC bulan lalu untuk mengubah Grayscale Ethereum Trust (ETHE) menjadi sebuah spot ETF. Dengan sekitar US$5 miliar dalam aset di bawah pengelolaannya (assets under management, AUM), trust ini merupakan entitas penting di pasar ETH yang memegang sekitar 2.5% dari semua ETH yang beredar.

Keputusan SEC untuk menunda keputusan hingga 25 Januari 2024 menandai kelanjutan dari pendekatan hati-hati SEC terhadap aplikasi spot ETF yang melibatkan kripto.

Perpanjangan SEC ini dianggap oleh analis sebagai bagian rutin dari proses regulasi, dengan tujuan memberikan lebih banyak waktu untuk pertimbangan yang cermat terhadap proposal dana baru.

Penundaan ini bukanlah yang pertama, SEC juga menunda keputusannya mengenai Hashdex Nasdaq ETH ETF yang berencana untuk memegang campuran spot ETH dan kontrak berjangka.


ethereum chart
Gambar: Grafik harga ETH

Walaupun kabar ini cenderung bersifat negatif, namun harga ETH tampak tidak terpengaruh dengan mencatatkan kenaikan +3,73% dalam 24 jam terakhir dan sempat menyentuh harga tertinggi di tahun ini yakni US$2.311.

Per artikel ini dibuat (6/12/23), market kripto mengalami tren bullish sejak Bitcoin berhasil menembus level US$40.000, sehingga kabar dengan sentimen negatif yang tidak signifikan terhadap industri kripto mungkin tidak terlalu berpengaruh.

Baca juga: Prediksi Harga Ethereum (ETH) 2024, Potensi ke US$3.500

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.