Berita Regulasi · 6 min read

SEC Isyaratkan Banding Terkait Putusan Hakim Soal XRP 

Putusan XRP Bukan Sekuritas

Konflik Ripple Labs dan Komisi Sekuritas Bursa atau SEC Amerika Serikat belum sepenuhnya berakhir. Hal ini disebabkan pertimbangan SEC untuk banding atas putusan hakim, yang menetapkan bahwa XRP (XRP) bukan sekuritas saat dijual ke investor ritel.

Baca juga: Hakim Putuskan XRP Bukan Sekuritas, Ini Fakta Pentingnya!

SEC berargumen bahwa putusan ini bertentangan dengan “prinsip hukum sekuritas fundamental,” termasuk uji Howey, yang digunakan untuk memastikan apakah sesuatu termasuk dalam kategori kontrak investasi.

SEC mengomentari hasil gugatan Ripple Labas pada 21 Juli melalui gugatan terpisah yang melibatkan Terraform Labs dan pendirinya, Do Kwon, yang dituduh mendalangi penipuan aset kripto bernilai miliaran dolar.

Menanggapi mosi untuk memberhentikan Terraform Labs, di mana keputusan Ripple Labs dirujuk oleh para tergugat, SEC menunjukkan berbagai masalah yang ada pada keputusan pengadilan tentang XRP.

SEC mengakui bahwa sebagian keputusan Ripple mendukung klaimnya dalam kasus Terraform Labs, tetapi tidak setuju dengan aspek yang terkait dengan penjualan Terprogram dan lainnya.

Gambar tanggapan SEC soal putusan perihal XRP. Sumber: SEC GOV.

“Dengan hormat, bagian-bagian Ripple itu diputuskan secara salah, dan pengadilan ini seharusnya tidak mengikutinya. Staf SEC sedang mempertimbangkan berbagai jalan yang tersedia untuk peninjauan lebih lanjut dan bermaksud untuk merekomendasikan agar SEC melakukan peninjauan tersebut,” tulis laporan SEC.

Pengacara XRP Optimis Tetap Menang

Pengacara investor XRP John Deaton telah mempertimbangkan potensi banding dari putusan Ripple.

Dalam sebuah tweet pada 23 Juli, Deaton menekankan bahwa banding oleh SEC tidak akan menyebabkan bencana bagi XRP dan pemilik XRP.

Optimisme Deaton berasal dari fakta bahwa setiap proses banding akan memakan waktu, dengan kemungkinan keputusan oleh pengadilan kedua tidak diharapkan hingga dua tahun dari sekarang.

Deaton berpendapat bahwa kesalahan sirkuit ke-2 dengan aplikasi faktor Howey ke-3 tidak akan memastikan kemenangan SEC dalam penjualan Terprogram.

Dia mencatat bahwa hakim mungkin masih memutuskan dengan cara yang sama, menimbang faktor-faktor lain, terutama faktor perusahaan umum, yang dilihat Deaton sebagai kriteria yang lebih ketat untuk dipenuhi SEC.

Deaton menambahkan bahwa kemenangan baru-baru ini untuk Ripple dan XRP di ruang sidang tidak boleh diremehkan dalam arti pentingnya bagi perusahaan dan pemegang XRP-nya.

Dia menyoroti implikasi potensial untuk masa depan, mengungkapkan kepercayaan pada kekuatan pertahanan terhadap tuduhan SEC.

Sementara itu, XRP telah menguat setelah keputusan pengadilan yang menyebutkan XRP bukan sekuritas. XRP berhasil naik 95%, melampaui angka tertinggi baru dalam satu tahun terakhir dengan sempat menyentuh harga di atas US$0,8.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.