Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Regulasi · 7 min read

Satoshi Nakamoto Palsu Kena Denda $100 Juta

Satoshi Nakamoto Palsu Kena Denda $100 Juta

Seorang ilmuwan komputer asal Australia, sempat menghebohkan dunia maya lantaran mengklaim dirinya sebagai Satoshi Nakamoto, tokoh dibalik Bitcoin. 

Craig Wright namanya. Kini ia harus membayar ganti rugi sebesar $100 juta, setelah menjadi tersangka penggelapan dana milik perusahaan yang ia bangun dengan temannya yang sudah meninggal.

Baca juga: Apa yang Kita Tahu Tentang Satoshi Nakamoto?

Denda $100 Juta Adalah Kemenangan bagi Wright

Pada Senin kemarin, Wright berhasil memenangkan kasus perdata Miami yang digugat oleh keluarga mendiang temannya, yang waktu itu menjadi mitra bisnis Wright.

Sama-sama ahli forensik komputer, orang tersebut bernama David Kleiman.

Keluarga Kleiman beranggapan jika mendiang adalah salah satu pencipta Bitcoin bersama Wright, yang seharusnya mendapat hak setengah dari asumsi kekayaan Satoshi. 

Namun, juri pengadilan federal di West Palm Beach akhirnya memihak persidangan kepada Wright dan menolak memberikan Bitcoin apapun pada perwakilan Kleiman.

Wright pun memenangkan pengadilan di negara bagian Florida tersebut, serta berhasil menyelamatkan dana miliknya hingga puluhan miliar dolar dalam cryptocurrency.

Sebelumnya, Dave Kleiman selaku teman sekaligus mitra bisnis Wright telah meninggal pada tahun 2013 silam. 

Wright kemudian dituduh keluarga Kleiman telah mengambil seluruh aset Bitcoin dari W&K Information Defense Research LLC, perusahaan yang berbasis di Florida yang dulunya dibuat oleh Wright dan Kleiman satu dekade lalu.

Meskipun menang, Wright tetap harus membayar $100 juta sebagai ganti rugi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual terkait perusahaan yang mereka bangun secara patungan. 

Lebih lanjut, dana itu akan langsung masuk ke rekening W&K, bukan ke rekening Kleiman.

“Ini adalah hasil yang sangat baik, dan saya merasa benar-benar dibenarkan,” kata Wright dalam sebuah video yang diposting ke Twitter setelah putusan hakim federal.

Baik pengacara penggugat maupun tergugat tampak puas atau setidaknya melihat hasil persidangan dengan pola pikir optimis.

Misteri Craig Wright Sebagai Satoshi Nakamoto 

Setelah persidangan dimenangkan oleh Wright berakhir, namun misteri siapa sosok Satoshi Nakamoto hingga kini belum juga berakhir. 

Misteri seputar ‘siapa sosok dibalik Satoshi Nakamoto yang sebenarnya’ adalah alasan utama mengapa kasus persidangan tersebut menarik begitu banyak perhatian.

Investor, trader, maupun pihak-pihak yang terlibat dalam cryptocurrency sangat menantikan fakta ini terungkap.

Namun sayangnya, persidangan tersebut tidak membuahkan jawaban apapun.

Meski masih diragukan, Wright telah mengatakan bahwa ia akan membuktikan kepemilikannya pada Bitcoin, serta berjanji akan menyumbangkan sebagian besar aset Bitcoin miliknya untuk amal, jika dirinya memenangkan pengadilan.

Dan ia adalah pemenangnya. Jadi, mari kita tunggu bersama-sama jawabannya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.