Satoshi Nakamoto Palsu Kena Denda $100 Juta

Rossetti Syarief

7th December, 2021

Seorang ilmuwan komputer asal Australia, sempat menghebohkan dunia maya lantaran mengklaim dirinya sebagai Satoshi Nakamoto, tokoh dibalik Bitcoin. 

Craig Wright namanya. Kini ia harus membayar ganti rugi sebesar $100 juta, setelah menjadi tersangka penggelapan dana milik perusahaan yang ia bangun dengan temannya yang sudah meninggal.

Denda $100 Juta Adalah Kemenangan bagi Wright

Pada Senin kemarin, Wright berhasil memenangkan kasus perdata Miami yang digugat oleh keluarga mendiang temannya, yang waktu itu menjadi mitra bisnis Wright.

Sama-sama ahli forensik komputer, orang tersebut bernama David Kleiman.

Keluarga Kleiman beranggapan jika mendiang adalah salah satu pencipta Bitcoin bersama Wright, yang seharusnya mendapat hak setengah dari asumsi kekayaan Satoshi. 

Namun, juri pengadilan federal di West Palm Beach akhirnya memihak persidangan kepada Wright dan menolak memberikan Bitcoin apapun pada perwakilan Kleiman.

Wright pun memenangkan pengadilan di negara bagian Florida tersebut, serta berhasil menyelamatkan dana miliknya hingga puluhan miliar dolar dalam cryptocurrency.

Sebelumnya, Dave Kleiman selaku teman sekaligus mitra bisnis Wright telah meninggal pada tahun 2013 silam. 

Wright kemudian dituduh keluarga Kleiman telah mengambil seluruh aset Bitcoin dari W&K Information Defense Research LLC, perusahaan yang berbasis di Florida yang dulunya dibuat oleh Wright dan Kleiman satu dekade lalu.

Meskipun menang, Wright tetap harus membayar $100 juta sebagai ganti rugi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual terkait perusahaan yang mereka bangun secara patungan. 

Lebih lanjut, dana itu akan langsung masuk ke rekening W&K, bukan ke rekening Kleiman.

“Ini adalah hasil yang sangat baik, dan saya merasa benar-benar dibenarkan,” kata Wright dalam sebuah video yang diposting ke Twitter setelah putusan hakim federal.

Baik pengacara penggugat maupun tergugat tampak puas atau setidaknya melihat hasil persidangan dengan pola pikir optimis.

Misteri Craig Wright Sebagai Satoshi Nakamoto 

Setelah persidangan dimenangkan oleh Wright berakhir, namun misteri siapa sosok Satoshi Nakamoto hingga kini belum juga berakhir. 

Misteri seputar ‘siapa sosok dibalik Satoshi Nakamoto yang sebenarnya’ adalah alasan utama mengapa kasus persidangan tersebut menarik begitu banyak perhatian.

Investor, trader, maupun pihak-pihak yang terlibat dalam cryptocurrency sangat menantikan fakta ini terungkap.

Namun sayangnya, persidangan tersebut tidak membuahkan jawaban apapun.

Meski masih diragukan, Wright telah mengatakan bahwa ia akan membuktikan kepemilikannya pada Bitcoin, serta berjanji akan menyumbangkan sebagian besar aset Bitcoin miliknya untuk amal, jika dirinya memenangkan pengadilan.

Dan ia adalah pemenangnya. Jadi, mari kita tunggu bersama-sama jawabannya.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik