Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Artificial Intelligence · 7 min read

Sam Altman Kembali Jadi CEO OpenAI, Apa yang Terjadi?

Sam Altman OpenAI

Sam Altman kembali menjadi CEO OpenAI. Sebelumnya, Altman dipecat oleh jajaran dewan perusahaan (19/11/23), kemudian sempat berlabuh ke Microsoft, salah satu investor dari OpenAI (20/11/23).

Berikut adalah kronologi perjalanan Sam Altman dari hari pemecatan hingga kembali menduduki jabatan CEO OpenAI, serta pengaruhnya terhadap token WLD yakni token proyek kripto dengan campur tangan Altman.

18 November: Sam Altman Dipecat

Open.AI mengumumkan melalui blog dan postingan di platform X tentang transisi kepemimpinan perusahaan (18/11/23). Isi dari blog ini menyebutkan pemecatan Altman sebab dewan perusahaan tidak lagi memiliki keyakinan terhadap Altman sebagai CEO.

Gambar: Grafik harga WLD

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Sam Altman dan Greg Brockman, bahwa mereka berdua dipecat dan meninggalkan perusahaan. Setelah postingan konfirmasi Altman, harga token WLD sempat mengalami penurunan -11,5% dari US$2,054 ke US$1,818.

Baca juga: Mengenal Proyek dan Kontroversi Worldcoin Milik Bos ChatGPT

20 November: Altman Gabung Microsoft

Sam Altman Dikabarkan Bergabung dengan Microsoft

Berselang dua hari, terdengar kabar bahwa Sam Altman dan Greg Brockman akan memimpin pengambangan AI di Microsoft. Kabar ini datang secara langsung dari CEO Microsoft, Satya Nadella, melalui postingannya di platform X (20/11/23) sekitar pukul 15.00 WIB.

Rekan Kerja Akui Penyesalan

Ilya Sutskever, salah satu Co-founder sekaligus rekan kerja Sam Altman akui penyesalan keikutsertaan dalam pengambilan keputusan dewan perusahaan. Hal ini ia sampaikan melalui postingan di platform X, “Saya akan melakukan apapun untuk kembali menyatukan perusahaan”, ujar Sutskever.

Selang beberapa jam dari postingan Sutskever, terdapat surat yang ditujukan kepada dewan perusahaan OpenAI. Surat ini secara singkat menjelaskan bahwa karyawan yang menandatangani surat akan berhenti bekerja untuk OpenAI, kecuali jika semua dewan perusahaan resign dan Sam Altman serta Greg Brockman kembali ke posisi mereka di OpenAI.

sam altman letter
Gambar: Surat dari karyawan kepada dewan perusahaan Open.AI. Sumber: Autism Capital

22 November: Sam Altman Kembali Menjadi CEO Open.AI

Melalui postingan pada platform X, OpenAI menyatakan bahwa Sam Altman kembali menjadi CEO.

“Kami telah mencapai kesepakatan secara prinsip untuk Sam Altman kembali ke OpenAI sebagai CEO dengan dewan direksi baru yang terdiri dari Bret Taylor (Ketua), Larry Summers, dan Adam D’Angelo.”

Kabar ini dikonfirmasi oleh Sam Altman dan Greg Brockman, bahwa mereka berdua kembali ke OpenAI.

Walaupun sempat akan berlabuh ke Microsoft, melalui postingannya Altman menyebutkan bahwa “Dengan dewan yang baru dan dukungan dari Satya, saya berharap dapat kembali ke OpenAI dan memperkuat kemitraan kuat kami dengan Microsoft.”

Hingga artikel ini dirilis, masih belum jelas negosiasi seperti apa yang terjadi antara Altman, Nadella, serta pihak bersangkutan atas kembalinya Altman ke OpenAI di saat Nadella telah mengumumkan bahwa Altman bergabung dengan Microsoft.

Secara keseluruhan, harga WLD mengalami kenaikan +17,2% sejak awal peristiwa ini dimulai (18/11/23), dari US$2,054 ke US$2,407. Per artikel ini ditulis (22/11/23), WLD diperdagangkan pada harga US$2,407.

Baca juga: Sam Altman Dipecat OpenAI, Harga Worldcoin Sempat Anjlok

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.