Regulator Swiss Beri Lampu Hijau Transaksi Crypto untuk Bank Lokal

Wafa Hasnaghina

1st June, 2020

Otoritas Pengawas Pasar Keuangan Swiss, atau FINMA, telah memberikan wewenang kepada bank InCore dalam melakukan transaksi aset digital, yang memungkinkan pelanggan di seluruh dunia mengakses dan bertransaksi dengan bank-bank lokal di sana.

Pengumuman resmi tersebut merupakan langkah penting dalam menciptakan lingkungan yang ramah terhadap blockchain di sektor perbankan Uni Eropa. Bank InCore sendiri menjadi bank bisnis-ke-bisnis Swiss pertama yang setuju untuk beroperasi di dalam ruang crypto.

Hal ini memungkinkan perusahaan memberikan klien institusional untuk berdagang, memegang, dan mentransfer aset digital. FINMA juga memungkinkan bank untuk mengembangkan kemampuan tokenisasinya.

Kerjasama dengan Perusahaan Konsultan TI Aset-Crypto

Seperti dilansir dari Finews.ch, Mark Dambacher, CEO InCore Bank, mengatakan kekagumannya mengenai hal tersebut dan memberikan pendapatnya:

“Pelanggan kami mendapat banyak manfaat dalam suatu perubahan terkait ekspansi ke kelas aset baru tanpa harus berinvestasi dalam infrastruktur dan proses baru sendiri. Dan ini juga selaras dengan mempertahankan standar keamanan yang biasa dan bagaimana kita membangun jembatan ke kelas aset tradisional.”

Bank ini juga sudah melakukan kerjasama dengan Inacta AG, sebuah perusahaan konsultan IT independen yang berbasis di Swiss, dalam memberikan informasi dan manajemen aset crypto.

Klien pertama transaksi aset digital baru InCore Bank ini adalah Maerki Bauman & CO. Media lokal di sana menganggap InCore Bank sebagai salah satu bank paling berkualitas di sektor ini.

Baca juga: Bank Asal Swiss Ini Sediakan Beragam Layanan Untuk Crypto

Rencana Tingkatkan Adopsi Blockchain dalam Sektor Perbankan

Eksekutif perusahaan bank tersebut mengatakan mereka berencana untuk memperluas strategi blockchain dalam beberapa bulan mendatang. Ia juga berencana untuk menyertakan broker, pemeliharaan, dan layanan transfer ke token keamanan.

Desember 2019 lalu, FINMA sempat khawatir terkait dengan pencucian uang dengan meningkatnya penggunaan teknologi blockchain. Lalu pada 7 Februari lalu, pengawas regulasi Swiss mengesahkan ketentuan anti pencucian uang. Ambang batas transaksi pertukaran crypto yang tidak dikenal diturunkan dari 5.000 CHF menjadi 1.000 CHF (atau sekitar $ 1.020).

Informasi selanjutnya dapat dibaca di sini