Berita Regulasi · 8 min read

Regulasi Crypto Pertama di Rusia Mulai Berlaku pada Awal 2021

Regulasi crypto pertama “akan diadopsi pada 1 Januari 2021,” ujar kepala perancangan RUU di Rusia. Ia juga menambahkan undang-undang itu “sekarang sudah mendekati garis finish.”

Per RBC, Anatoly Aksakov, kepala komite keuangan Duma Negara dan orang yang ditugaskan memediasi UU “Aset Digital”, mengatakan pembacaan kedua akan “segera” dilakukan.

Selanjutnya, ia juga menambahkan bahwa “ketidaksepakatan” telah diatasi dan diselesaikan,  versi terbaru RUU tersebut telah dikirim ke anggota parlemen dan regulator untuk meminta persetujuan akhir.

Aksakov mengatakan ia yakin, umpan balik dan penyesuaian akhir ini dapat diselesaikan “minggu berikutnya”, pada saat pembacaan kedua pada sesi Duma (rapat dengar pendapat Rusia) berlangsung.

Hal tersebut nantinya akan membuka jalan bagi RUU ini untuk segera berlaku pada Pembukaan Tahun Baru 2021.

Baca juga: RUU Larangan Crypto di Rusia Dapat Kecaman Banyak Pihak

Regulasi Crypto di Rusia Hadapi Jalan Buntu?

Pembacaan pertama RUU telah melewati sesi Duma sekitar dua tahun yang lalu, tetapi sejak saat itu undang-undang tersebut masih juga terjebak dalam labirin perancangan. Hal ini mengingat adanya jalan buntu antara bisnis pro-crypto yang kuat dan Bank Sentral yang skeptis terhadap crypto.

Meski demikian, seperti yang dilaporkan sebelumnya, Aksakov mengusulkan adanya kompromi di mana undang-undang yang berkaitan dengan “aset keuangan digital” juga akan didukung maju (kemungkinan tokenisasi aset, infrastruktur blockchain dan stablecoin) dalam jangka waktu dekat.

Namun, sepertinya RUU kedua akan memakan waktu yang cukup lama terkait dengan jalan buntu yang dihadapinya. Aksakov sendiri telah mengkonfirmasi memang inilah masalahnya ketika “mata uang digital” diklaim dalam laporan RBC dengan posisi pemerintah dan kementerian yang “diametris” dan masih “membutuhkan banyak diskusi.”

Di sisi lain, Aksakov mengklaim ia berharap adanya kemajuan dalam mencapai konsensus mengenai semua hal terkait mata uang crypto “pada bulan Juli dan Agustus” ini dengan rancangan undang-undang yang mungkin siap “untuk didiskusikan secara publik” pada bulan September mendatang.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.