Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Exchange · 8 min read

Rain, Exchange Kripto Timur Tengah Diduga Kena Hack

exchange rain diretas

Exchange kripto Rain, yang berfokus di wilayah Timur Tengah, kemungkinan terkena eksploitasi sebesar US$14,8 juta pada tanggal 29 April 2024, menurut detektif kripto ZachXBT.


Menurut detektif kripto ZachXBT, Rain, sebuah exchange kripto yang berfokus di Timur Tengah, kemungkinan telah dieksploitasi sebesar US$14,8 juta pada tanggal 29 April 2024. ZachXBT mengklaim bahwa wallet Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL), dan XRP milik exchange kripto itu mengalami aliran keluar yang mencurigakan pada hari tersebut.

Segera setelah aliran dana keluar ini, para peretas teramati mentransfer aset kripto yang dicuri ke exchange instan, di mana aset dikonversi menjadi BTC dan ETH.

rain hack
Gambar: Alamat wallet terkait terduga peretasan. Sumber: Mempool.

Dalam pembaruan yang dibagikan di saluran Telegram, ZachXBT menyatakan bahwa ia melacak dana tersebut ke alamat Bitcoin yang memegang 137,9 BTC dan alamat Ethereum yang berisi 1.881 ETH.

Pihak Exchange Belum Ada Konfirmasi

Meskipun telah sekitar dua minggu berlalu sejak serangan itu terjadi, tidak ada yang menyebut atau mengakui kejadian tersebut di saluran media sosial Rain atau situsnya.

Sebaliknya, dalam postingan terbarunya di X (9/5/24), Rain, yang mendapat izin layanan keuangan dari regulator Abu Dhabi (ADGM) pada tahun 2023, membagikan gambar-gambar General Manager-nya di Bahrain yang menghadiri Forum Inovasi dan Kewirausahaan Keenam.

Jadi, terdapat kemungkinan bahwa transaksi yang diamati oleh ZachXBT adalah murni transaksi yang memang dilakukan oleh pihak exchange. Akan tetapi, sangat penting bagi pihak exchange untuk mengkonfirmasi kebenaran atau tidaknya temuan dari ZachXBT untuk menghindari spekulasi yang berkelanjutan.

Baca juga: UAE Pimpin Adopsi Kripto di Timur Tengah, 72% Investasi Bitcoin

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.