Proyek Crypton dari Utopia P2P Tawarkan Privasi Online Bagi Pengguna

Anisa Giovanny

8th June, 2021

Di dunia yang sangat terhubung saat ini, privasi atau ketiadaan privasi sekarang menjadi masalah yang lebih penting daripada sebelumnya.

Data pribadi saat ini adalah komoditas berharga bagi pengiklan dan mereka yang mungkin ingin meneliti para pengguna. Salah satu cara paling efektif untuk melacak seseorang secara online adalah dengan mengikuti transaksi yang dilakukan dan jejak digital yang ditinggalkan oleh transaksi. 

Untuk mengatasi hal ini  Grup 1984 menciptakan Utopia sebagai ekosistem Peer-to-Peer untuk melindungi identitas dan kebebasan secara online dan inti dari jaringan itu adalah mata uang digital pribadi, Crypton (CRP).

Apa itu Crypton?

Crypton diluncurkan sebagai bagian integral dari ekosistem Utopia P2P, pada 18 November 2019 tanpa ICO, investor swasta, atau alokasi tim. Ini didasarkan pada teknologi blockchain dan dirancang untuk memberi pengguna anonimitas dan kebebasan penuh. Sederhananya, ini adalah mata uang digital yang optimal bagi mereka yang ingin melakukan transaksi keuangan yang cepat dan 100% rahasia.

Crypton diselesaikan secara permanen dalam waktu kurang dari 3 detik, memungkinkan transaksi mikro dan pembayaran otomatis melalui API terintegrasi. Semua transaksi tidak hanya cepat tetapi juga tidak dapat dilacak dan tidak dapat diubah.

Beda Crypton dan Crypto Lainnya

Dua fitur utama yang membuat Crypton menonjol dari cryptocurrency lainnya adalah bentuk enkripsi yang canggih dan transaksi yang sepenuhnya pribadi secara default. Seperti disebutkan sebelumnya, Crypton adalah bagian dari ekosistem Utopia; sebuah sistem yang bertujuan untuk menjamin perlindungan penuh atas privasi pengguna. Sama seperti Bitcoin, Crypton tidak dikendalikan oleh satu entitas.

Ini sepenuhnya terdesentralisasi dan berjalan independen dari otoritas apa pun, baik itu perusahaan besar, institusi, bank sentral, atau bahkan pemerintah. Karena tidak ada kontrol atau server pusat, Crypton, dan memang seluruh jaringan Utopia, kurang rentan terhadap serangan atau manipulasi harga di pasar mata uang.

Banyak cryptocurrency lain tidak bersifat pribadi seperti yang ingin dipercayai oleh para pendukungnya. Beberapa membawa metadata dan dapat bercabang menjadi mata uang baru, menurunkan nilai rantai asli.

Situasi seperti ini membahayakan privasi pengguna sekaligus membuat mata uang asli lebih rentan terhadap serangan. Namun, teknologi mutakhir yang dikembangkan oleh 1984 Group for Utopia telah memastikan bahwa Crypton tidak dapat di-fork atau dieksploitasi dengan cara apa pun. Terlebih lagi, bahkan pencipta ekosistem Utopia tidak dapat mengubah algoritmenya dan itu termasuk untuk Crypton.

Fitur enkripsi disediakan di u-wallet secara default. Semua aset pengguna disimpan dalam wadah terenkripsi yang dilindungi oleh metode kriptografi bertingkat. Mata uang pengguna  akan dilindungi dari peretas mana pun, terlepas dari kekuatan komputasi yang mereka miliki.

Transaksi di jaringan Crypton sama amannya dengan penyimpanan. Transaksi Anda dienkripsi, dan tanda tangan kriptografi menghubungkan transfer transaksi Anda ke blockchain. Tidak ada yang dapat menautkan transaksi Anda ke alamat IP Anda. Dengan kata lain, tidak ada yang bisa mengetahui siapa yang membayar apa kepada siapa saat menggunakan Crypton.

Masa Depan Crypton

Karena Crypton adalah mata uang yang sangat muda, sulit untuk membandingkannya dengan cryptocurrency lainnya. Namun, tampaknya Crypton  bisa berkembang dan makin kuat. Diketahui bahwa beberapa pertukaran crypto ingin meng-host Crypton secara gratis, sebab Crypton adalah mata uang digital eksklusif dari ekosistem Utopia P2P yang revolusioner. Jika permintaan ini semakin meningkat, maka adopsi ekosistem akan bertumbuh dan membuat minat akan cryton semakin banyak.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency