Harga · 7 min read

Prediksi Harga ETH dari Analisis Onchain Ethereum

Prediksi Harga ETH

The Merge telah menjadi berita yang dinanti-nanti oleh mayoritas investor dan trader. Di luar untuk melihat kualitas baru dari Ethereum, trader dan investor menunggu untuk mendapatkan keuntungan terbaik. 

Salah satu cara untuk mengetahui proyeksi harga yang baik untuk membeli Ethereum bisa dilakukan dengan analisis data onchain yang dapat dilihat dari tiga aspek yaitu data exchange, derivatif, dan miner.

Peredaran Ethereum di Exchange

Pertama adalah dari sudut pandang peredaran Ethereum yang masuk exchange dan keluar dari exchange atau inflow dan outflow. 

Inflow merupakan kondisi dimana terdapat dana dari wallet seperti cold wallet atau hot wallet yang dimiliki oleh investor besar yang masuk ke exchange atau bursa kripto. 

Umumnya kondisi tersebut menandakan potensi penjualan signifikan karena investor perlu memindahkan dananya dari wallet ke exchange untuk menjual. 

Outflow merupakan kondisi dimana terdapat dana dari wallet exchange ke wallet seperti cold wallet atau hot wallet. 

Umumnya kondisi tersebut terjadi karena investor ingin menyimpan dananya dan umumnya menandakan potensi apresiasi harga. 

Data yang lebih sering dilihat pada umumnya adalah data inflow karena inflow memberikan tanda yang lebih jelas terkait potensi pergerakan harga. 

Data Inflow Ethereum
Data Inflow Ethereum

Untuk Ethereum sendiri terlihat bahwa saat ini terdapat peningkatan dalam jumlah ETH yang mulai masuk ke exchange. 

Kondisi ini dapat menandakan potensi pergerakan koreksi untuk ETH dalam jangka pendek yang kemungkinan akan terjadi setelah The Merge karena efek buy the rumor sell the news dimana whale memanfaatkan investor ritel yang FOMO.    

Data Derivatif 

Kedua adalah data derivatif dimana salah satu yang dilihat adalah data Funding Rate dimana jika funding rate negatif maka di pasar futures lebih banyak yang membuka posisi short dibandingkan long. 

Jika funding rate positif, maka di pasar derivatif lebih banyak yang membuka posisi long dibandingkan posisi short. 

Data ini memberikan pandangan mengenai bagaimana pandangan trader terhadap pergerakan jangka pendek. 

Lebih banyak posisi short berarti trader memprediksi harga aset yang mendasari kontrak derivatif tersebut akan bergerak turun. 

Sebaliknya jika lebih banyak posisi long berarti trader memprediksi harga aset kontrak derivatif tersebut akan bergerak naik. 

Data Funding Rate Futures Ethereum
Data Funding Rate Futures Ethereum

Terkait data untuk Ethereum terlihat bahwa saat ini data funding rate di pasar futures sedang negatif dan masih terus bergerak negatif sejak satu bulan terakhir.

Melihat bahwa funding rate ini terus negatif menuju The Merge, terdapat kemungkinan Ethereum akan mulai koreksi dalam beberapa hari ke depan. 

Data Penambang 

Terakhir adalah data penambang yang memperlihatkan berapa pendapatan miner Ethereum saat ini sebelum transisi The Merge. 

Pendapatan yang bergerak turun menandakan potensi penjualan signifikan yang menurun karena berarti miner tidak mendapatkan tambahan dalam ETH yang dimiliki. 

Walau aspek ini juga dipengaruhi oleh Ethereum yang akan menutup sistem mining atau penambangan, pendapatan yang menurun juga berarti tekanan jual yang kemungkinan akan menurun. 

Dapat dilihat bahwa pendapatan penambang Ethereum masih terus bergerak turun hingga saat ini dan terlihat penurunan ini berdampak positif pada harga. 

Prediksi Harga ETH dari Analisis Onchain Ethereum
Data Pendapatan Penambang Ethereum

Apa bila ini terus terjadi dan mayoritas pindah menjadi validator di Ethereum yang baru dengan sistem proof of stake, maka kemungkinan besar tekanan jual akan terus berkurang. 

Hal ini disebabkan dengan sistem staking maka Ethereum akan terkunci terutama adanya mekanisme dimana imbalan staking dan ETH yang di staking itu sendiri tidak dapat diambil sekitar enam bulan hingga satu tahun setelah The Merge. 

Jadi ini memberi sentimen positif untuk ETH namun jika dilihat dalam waktu jangka panjang. 

Analisis Teknikal  

Jika melihat pada analisis teknikal grafik mingguan, terlihat bahwa ETH memiliki potensi untuk bergerak turun. 

Prediksi Harga ETH dari Analisis Onchain Ethereum
Grafik Mingguan ETHUSD

Kondisi ini kemungkinan sesuai dengan narasi The Merge dan apresiasi yang telah terjadi sejak dua pekan terakhir. 

Apa bila ETH mengalami penurunan kemungkinan target selanjutnya adalah pada $1418 apa bila batas bawah pada $1703 dilewati. 

Namun jika ternyata semua bergerak positif dan terus terjadi dorongan beli, target berikutnya adalah pada $2026 yang akan membuat ETH membentuk pola double top dan kemudian memiliki potensi untuk kembali terkoreksi. 

Jadi dalam jangka pendek atau menengah terdapat kemungkinan harga akan koreksi untuk normalisasi apresiasi yang telah terjadi. 

Dalam jangka panjang, kemungkinan ETH dapat bergerak mencapai $3500 yang merupakan target selanjutnya  apa bila $2000 berhasil ditembus. 

*Disclaimer 

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.