Polisi Kanada Meminta Bantuan Publik untuk Mengidentifikasi Penipu Bitcoin

By Aulia Medina     Monday, March 18 2019

Kepolisian Kanada sedang mencari informasi terhadap para terduga yang terlibat dalam penipuan Bitcoin (BTC) ATM (BTM), menurut sebuah pengumuman yang dirilis oleh Toronto Police Service pada 13 Maret.

Calgary Police Service (CPS) Cybercrime Team meminta publik untuk membantu dalam identifikasi dari keempat terduga yang terlibat dalam beberapa transaksi penipuan yang dilakukan di Kanda dan menargetkan satu perusahaan Bitcoin Kanada, CPS mulanya menerima informasi pada Oktober 2018.

Press release menyatakan bahwa pada September tahun lalu, tersangka diduga membuat 112 transaksi penipuan di BTM di tujuh kota Kanada, termasuk Calgary, Toronto, Montreal, Ottawa, Hamilton, Winnipeg, dan Sherwood Park. CPS percaya bahwa tersangka membuat serangan “double spend”

Baca juga: Benarkah Milenial Indonesia Menyukai Investasi Bitcoin?

Dalam serangan tersebut, tersangka diduga menarik uang dari kios dan selanjutnya membatalkan transaksi mereka sebelum operator BTM dapat memproses penarikan tersebut. Penipuan tersebut dilaporkan menghasilkan CA$195,000 ($146,666) yang merugikan perusahaan.

$1.7 miliar telah dicuri

Penelitian terbaru yang dirilis oleh perusahaan analitik crypto, CipherTrace pada bulan Januari mengungkapkan bahwa sekitar $1.7 miliar dalam cryptocurrency telah diperoleh melalui cara-cara terlarang pada tahun 2018. Dari $ 1,7 miliar itu, lebih dari $ 950 juta telah dicuri dari pertukaran crypto, memperlihatkan 3.6 kali peningkatan di 2017. Di 2018, setidaknya $725 juta hilang dikarenakan penipuan seperti skema ponzi, skema exit dan penipuan initial coin offering.

Di waktu yang bersamaan, perusahaan analitik, Chainalysis melaporkan bahwa kejahatan yang terkait cryptocurrency menurun dalam beberapa tahun kebelakang, hanya terhitung 1% untuk semua transaksi di tahun 2018. Chainalysis juga membuat prediksi tren kejahatan dalam ruang di tahun 2019, mereka menguraikan peningkatan penggunaan platform terdesentralisasi dari usaha untuk bergerak dan pencucian uang di seluruh dunia melalui cryptocurrency.

Sumber