Jelang Piala Dunia 2022, Fan Token Siap Bullish?

Ary Palguna

21st October, 2022

Ajang kompetisi sepak bola terbesar dunia, World Cup atau Piala Dunia, akan digelar bulan depan yakni 20 November 2022 bertempat di Qatar yang diikuti oleh 32 negara. Pada Piala Dunia kali ini ternyata terdapat campur tangan kripto di dalamnya seperti exchange Crypto.com sebagai sponsor resmi FIFA World Cup 2022. Selain itu ada beberapa negara peserta memiliki fan token.

Fan token adalah token yang dibuat pada jaringan blockchain dengan tujuan untuk memberikan manfaat pada pendukung setia (fan) suatu tim. Pemilik fan token biasanya memperoleh hak istimewa seperti: voting keputusan kebijakan dalam tim, berkontribusi dalam desain merchandise, poin royalti, dan hak istimewa lainnya. Kepemilikan fan token selain untuk mendapatkan hak istimewa juga sebagai bentuk dukungan terhadap tim kesayangan.

Blockchain yang biasa digunakan untuk membuat fan token adalah Chiliz dengan koin native CHZ. Chiliz memiliki fokus dalam memfasilitasi pembuatan fan token. Tapi terdapat juga fan token yang dibangun pada blockchain selain Chiliz.

Menjelang Piala Dunia, fan token bisa jadi terkena eksposure dan apresiasi harga sebab beberapa negara peserta seperti Spanyol, Portugal, dan Brazil memiliki fan token. Terlebih apabila mereka mampu menjadi kampiun pada Piala Dunia kali ini. Berikut adalah detail fan token yang dimiliki beberapa negara tersebut.

Brazil (BFT)

Brazil sudah tidak asing lagi sebagai peserta Piala Dunia dan juga sebagai penyandang gelar sebanyak 5 kali sepanjang gelaran Piala Dunia yang membuat Brazil pasti diunggulkan.

Brazil memiliki fan token sepak bola bernama Brazil National Fan Token (BFT) yang dibuat pada blockchain Bitci yakni salah satu blockchain yang juga digunakan untuk membuat fan token.

Gambar: Grafik harga BFT dalam 7 hari terakhir per 21 Oktober 2022

Berdasarkan data pada coinmarketcap, BFT memiliki total supply sebesar 100.000.000 (100 juta) token. Saat ini harga BFT adalah $1.01 dimana telah mengalami kenaikan sebesar 11% dalam 7 hari terakhir dan naik 611% dalam 3 bulan terakhir per 21 Oktober 2021.

Spanyol (SNFT)

Spanyol adalah salah satu tim sepak bola yang kuat dengan berhasil menorehkan rekor pertama negara yang pernah menjuarai gelaran yang diadakan FIFA 3 kali berturut-turut yakni Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012.

Spanyol juga memiliki fan token yakni Spain National Fan Token (SNFT) yang juga dibangun di atas blockchain Bitci.

Gambar: Grafik harga SNFT dalam 7 hari terakhir per 21 Oktober 2022

Berdasarkan data pada coinmarketcap, SNFT memiliki total supply sebesar 100.000.000 (100 juta) token. Saat ini harga SNFT adalah $0.459 dimana telah mengalami kenaikan sebesar 17,7% dalam 7 hari terakhir dan naik 595% dalam 3 bulan terakhir per 21 Oktober 2021.

Portugal (POR)

Portugal memang belum pernah menjadi juara Piala Dunia, tapi Portugal rutin hadir menjadi peserta Piala Dunia yang berarti sangat sering lolos fase kualifikasi. Selain itu Portugal juga mencetak pemain sepak bola berkualitas seperti Christiano Ronaldo, Ricardo Quaresma, dan Diogo Costa.

Portugal memiliki fan token yakni Portugal National Team Fan Token (POR) yang dibangun di atas blockchain Chiliz.

Gambar: Grafik harga POR dalam 7 hari terakhir per 21 Oktober 2022

Berdasarkan data pada coinmarketcap, POR memiliki total supply yang unlimited. Saat ini harga PORadalah $3.48 dimana mengalami penurunan sebesar 7,9% dalam 7 hari terakhir namun telah mengalami kenaikan 309% dalam 3 bulan terakhir per 21 Oktober 2021.

Kesimpulan

Negara peserta Piala Dunia yang memiliki fan token ada tiga negara yakni Brazil, Spanyol, dan Portugal. Dilihat dari pergerakan harga, harga ketiga fan token ternyata sudah menunjukan pergerakan yang signifikan selama 3 bulan terakhir.

Disclaimer

Artikel ini bertujuan mengenalkan istilah fan token beserta informasi pihak mana yang telah mengadopsi fan token beserta informasi terkait sebagai informasi yang bersifat edukatif. Tidak ada dorongan untuk melakukan transaksi dan/atau pembelian aset yang telah disebutkan.

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.