Perusahaan Kesehatan di New York Ini Gabung Blockchain IBM untuk Lawan Covid-19

febrian surya

29th April, 2020

Sebuah perusahaan kesehatan yang berdomisili di New York, Amerika Serikat, Northwell Health, dikabarkan telah bergabung dengan jaringan blockchain milik IBM yang diberi nama “IBM’s Rappid Supplier Connect Network”.

Bergabungnya perusahaan kesehataan ini termasuk di dalamnya lebih dari 800 rumah sakit di wilayah tersebut, di mana seperti diketahui kasus orang yang terinfeksi virus corona di Kota New York sangat tinggi, bahkan menjadi kota dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia.

IBM’s Rappid Supplier Connect Network merupakan gabungan dari dua teknologi, yaitu teknologi cloud dan blockchain. Di mana, jaringan IBM ini bisa menghubungkan perusahaan kesehatan yang menjual atau  memproduksi peralatan medis untuk memerangi virus corona dengan pelanggan yang membutuhkan produk-produk medis tersebut.

IBM memberikan kepada seluruh perusahaan biaya gratis untuk menggunakan IBM’s Rappid Supplier Connect Network hingga 31 Agustus 2020.

Sebagai perusahaan kesehatan terbesar di New York, Northwell Health, tentu saja sangat memahami bahwa kecepatan dan ketetapan dalam rantai pasokan menjadi kunci melawan virus corona. Namun, dengan bergabung dengan jaringan blockchain IBM ini, pihak perusahan bisa mengatur pembelian peralatan medis selama krisis virus corona sedang berlangsung.

Jadi, IBM’s Rappid Supplier Connect Network memang merupakan sebuah wadah atau platform untuk menghubungkan antara pemasok dan pembeli,  untuk mempermudah transaksi pembelian di mana pihak pemasok bisa memperlihatkan sejumlah informasi dari ketersedian produknya.

“Saat ini perlu adanya tambahan pemasok baru, mengingat terjadinya kelebihan beban (permintaan lebih banyak dibanding penawaran), sehingga menciptakan organisasi pembelian sendiri dan bisa terhubung dengan para pemasok di industri kesehatan. Kami bisa memastikan ketersediaan pasokan peralatan APD dan produk medis lainnya. Kami senang menjadi bagian dari Rappid Supplier Connect Network,” ungkap Phyliss McCready, Wakil Presiden Kesehatan Northwell Health, dalam sebuah wawancara dengan Forbes.

Dalam memerangi Covid-19, pihak IBM telah menciptakan Rappid Supplier Connect Network, yang lebih memudahkan pihak pembeli secara mudah dan cepat untuk membeli produk dari pemasok. Sebab, pemasok diberikan akses untuk menunjukkan informasi dari produk yang mereka miliki.

“Perusahaan kesehatan dan lembaga pemerintah di saat virus corona ini sering mengalami keterlambatan pasokan, untuk memenuhi kebutuhan pasokan tersebut, mereka memilih pemasok yang belum teruji dalam keadaan darurat selama krisis ini. Sebab, untuk memeriksa dan menemukan pemasok yang telah memiliki kredibilitas butuh waktu dan tenaga kerja,” pungkas IBM.

Selain perusahaan Nortwell Health, asosiasi rantai pasokan Amerika juga telah bergabung ke dalam IBM’s Rappid Supplier Connect Network.

Sumber