Berita Bitcoin · 6 min read

Perusahaan Analitik Data COVID-19 Ini Dicurigai Memiliki Koneksi Crypto

Perusahaan analitik data Surgisphere, yang memiliki pengaruh besar pada kebijakan COVID-19, ternyata memiliki tautan ke cryptocurrency.

Mengapa Surgisphere ada dalam berita? Karena penelitian penting berdasarkan data pasien yang berasal dari perusahaan ini menyebabkan Organisasi Kesehatan Dunia menunda uji coba hidroksi-klorokuinnya. Sekarang data tersebut dipertanyakan dan detail  tentang perusahaan yang berbasis di Chicago mulai muncul.

Di antara itu, tautan “Get in Touch” di beranda Surgisphere dialihkan ke template  WordPress untuk situs web cryptocurrency, menurut sebuah laporan di Guardian. Dilansir dari Decrypt Sampai hari ini, tautan tampaknya hilang dan URL telah dikeluarkan dari Wayback Machine. Tidak jelas apa situs web cryptocurrency yang terhubung dengannya, dan Surgisphere belum menanggapinya

Baca juga: Perusahaan Meksiko Luncurkan Platform Donasi Crypto Dampak Covid-19

Bagaimana Perusahaan Analitik Surgisphere dikaitkan dengan WHO?

Pada 22 Mei, The Lancet, sebuah jurnal medis bergengsi, mengandalkan data rumah sakit yang diperoleh oleh Surgisphere untuk menyimpulkan bahwa pasien coronavirus yang menggunakan hydroxychloroquine obat antimalaria yang disebut-sebut oleh Presiden Trump sebagai “obat ajaib” dalam perang melawan virus coronavirus yang baru – memiliki risiko kematian dan masalah jantung yang lebih besar.

Tiga hari setelah studi The Lancet keluar, WHO menghentikan percobaan klinis pada obat, berdasarkan masalah kesehatan.

The New England Journal of Medicine juga menerbitkan studi berdasarkan data Surgisphere. Studi ini ditulis bersama oleh pendiri dan CEO Surgisphere, Sapan Desai.

Makalah Lancet mendapat kecaman karena beberapa angka dalam data Surgisphere tidak bertambah, menyebabkan para ilmuwan mengajukan pertanyaan. Ratusan peneliti kini telah menandatangani surat terbuka untuk The Lancet dan New England Journal of Medicine yang menyuarakan keprihatinan mereka. Kedua publikasi merespons dengan “ekspresi keprihatinan” tentang kesimpulan studi mereka.

Keanehan Surgisphere melampaui kaitannya yang tidak bisa dijelaskan dengan crypto. Informasi lebih lanjut tersebar di media sosial di bawah tagar #LancetGate. Investigasi Guardian juga mengungkapkan bahwa beberapa karyawan Surgisphere memiliki latar belakang ilmiah yang jarang.

Seorang karyawan yang terdaftar sebagai editor sains terlihat sebagai penulis fiksi ilmiah dan seniman fantasi. Sementara eksekutif pemasaran perusahaan tampaknya menjadi model dewasa dan pembawa acara.

Terlebih lagi, Desai, orang yang namanya dalam studi, telah dinamai dalam tiga setelan malpraktek medis, tidak terkait dengan database Surgisphere.  Dia memberi tahu Ilmuwan bahwa dugaan itu tidak berdasar.

Meskipun masih belum jelas mengapa Surgisphere terhubung ke situs web kripto, ia mungkin menimbulkan pertanyaan tentang bisnis apa yang mungkin diteteskan oleh perusahaan atau pendirinya. Cryptocurrency telah dikaitkan dengan banyak penipuan di masa lalu. Dan peningkatan penipuan yang melibatkan cryptocurrency juga telah dikaitkan dengan pandemi COVID-19.

Di sisi yang lebih cerah, WHO hari ini mengumumkan bahwa mereka sedang melanjutkan uji coba hidroksi-klorokuin dalam pertempuran untuk melawan COVID-19.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.