Berita Bitcoin · 7 min read

Pergerakan Besar Bitcoin Segera Terjadi Saat Harga Tak Lagi di $ 9000-an

Bitcoin telah hadapi volatilitas pada pasar jangka pendeknya, tetapi dalam skala makro pasar mata uang crypto, Bitcoin masih dalam tahap konsolidasi.

Grafik dari pendiri Blockroots Josh Rager, seorang pedagang crypto, di bawah ini menunjukan kalimat tadi dengan sangat baik. Grafik ini menunjukkan selama kurang lebih tujuh minggu terakhir, BTC secara efektif terperangkap di level antara $ 8.500 dan $ 10.000. Setiap breakout belum dapat mendorongnya ke aksi harga lebih lanjut. 

Namun, konsolidasi sedang berusaha mencapai titik puncaknya, indikator volatilitas menunjukkan dalam waktu yang akan datang, Bitcoin akhirnya akan keluar dari kisaran tersebut. Mengingat panjang dan besarnya konsolidasi ini, keluarnya Bitcoin akan terjadi secara “besar-besaran”.

Baca juga: Analis: Harga Bitcoin Terkait Erat dengan Saham Big Tech AS

Analis: Bitcoin Hadapi Pergerakan Besar

Menurut para analis pada Bitcoin Bravado, sebuah kelompok riset crypto, pergerekan “besar” pada pasar ini akan segera datang:

“Volatilitas BTC saat ini berada di posisi terendah bersejarah karena para pedagang menunggu tanda mengenai arah pergerakan selanjutnya. (…) Setiap kali volatilitas Bitcoin mencapai level terendah ini, biasanya ini berarti ada sesuatu yang besar sedang terjadi. (…) Hal ini sama saja mengatakan, jendela dalam pemasangan taruhan Anda dengan cepat menyempit.”

Hal ini sepertinya yang menyebabkan masalah.

Seorang pedagang berbagi grafik indikator di bawah ini akhir pekan lalu, menunjukkan aksi harga Bitcoin sejak awal 2019.

Grafik indikator ini adalah indikator Bollinger Bands Width, yang melacak lebar band. Bollinger Bands pada dasarnya adalah indikator volatilitas tingkat lanjut yang menandakan poin harga penting dan ketika suatu aset diperkirakan akan bergerak.

Seperti yang bisa dilihat, lebar band mencapai level yang tidak terlihat sejak Februari tahun ini. Itu hanya beberapa minggu sebelum Bitcoin turun 60% dalam setengah bulan.

Baca juga: Tiga Faktor Ini Prediksi Bitcoin dalam Tren Turun yang Kuat

Pedagang Institusional Bertaruh di Titik Lemahnya Bitcoin

Dengan Bitcoin bersiap menghadapi pergerakan besarnya, investor mulai memupuk chip mereka, mencoba memanfaatkan pergerakan yang akan datang.

Menurut data berjangka CME, trader institusional telah membangun posisi short net pada keseluruhan konsolidasi ini.

Seorang trader baru-baru ini membagikan gambar di bawah ini, menunjukkan entitas yang dianggap sebagai “pedagang institusional” secara kumulatif berjumlah sekitar 2.038 dari kontrak berjangka BTC CME.

Hal ini penting karena kelompok trader ini secara historis memprediksi adanya penurunan.

Misalnya, di dekat puncak rally pada bulan Februari lalu, pedagang institusional mulai membangun posisi pendek Bitcoin melalui CME dan sebelum peluncuran Bakkt, kelompok ini melakukan hal yang sama.

Informasi ini dapat kembali dibaca di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.