Penjelasan Gocekan Berita oleh Bitcoin dan Litecoin

Naufal Muhammad

14th September, 2021

Pada 13 September 2021, pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB terjadi pergerakan yang cukup signifikan dimana terjadi volatilitas yang tinggi.

Pergerakan ini terlihat terutama dari dua crypto yaitu Bitcoin (BTC) dan Litecoin (LTC) yang naik cukup tinggi sebelum jatuh kembali ke kondisi awal.

Banyak pihak yang tertipu dengan pergerakan ini dan berujung pada likuidasi atau kerugian yang cukup signifikan.

Namun hingga saat ini masih ada beberapa pihak yang belum mengetahui kronologi dan penyebab kejadian tersebut.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai kronologi yang menyebabkan pergerakan ini terjadi hanya dalam satu jam saja.

Bitcoin “Menipu” Investor

Pada pukul 19.00 WIB hingga 20.00 WIB, terlihat bahwa Bitcoin mengalami apresiasi harga yang cukup signifikan.

Terlihat bahwa Bitcoin naik sekitar 5% hanya dalam waktu yang singkat sehingga membuat harapan palsu untuk investor yang FOMO.

Pergerakan ini juga lebih meyakinkan melihat pergerakannya yang terjadi dari batas zona dimana trader menyatakannya sebagai tempat membeli.

Kenaikan harga ini terlihat terjadi dengan adanya kabar bahwa MicroStrategy (MSTR), salah satu perusahaan terbesar di dunia crypto, terlihat membeli Bitcoin.

Publikasi ini datang secara resmi dari Michael Saylor, CEO dari MicroStrategy yang dilakukan di Twitter pada pukul 19.04 WIB.

Dari cuitan tersebut dinyatakan bahwa MicroStrategy telah membeli sekitar 5.050 Bitcoin dengan harga Rp3,46 Triliun.

Kemungkinan besar pembelian ini terjadi secara OTC atau Over The Counter, karena terjadi pada 12 September 2021 dan tidak membuat dampak besar saat pembelian.

Namun dampak baru terasa saat publikasi terjadi yang membuat adanya gerakan ”tipu” terutama untuk investor dan trader FOMO.

Dikabarkan bahwa pembelian tersebut dilakukan dengan menjual saham perusahaan. Untuk saat ini MSTR resmi memiliki 114.042 Bitcoin.

Sayangnya setelah ada kabar tersebut, banyak “smart money” yang memanfaatkan untuk menjual sehingga pada pukul 20.00 WIB hingga 21.00 WIB Bitcoin turun.

Terlihat terjadi koreksi hingga 6,5% hanya dalam satu jam yang membuat banyak likuidasi terutama di pasar derivatif.

Grafik Harian BTCUSD

Dapat dilihat bahwa saat ini Bitcoin masih bergerak di atas daerah batas bawahnya. Daerah ini rentan akan manipulasi sehingga investor harus melakukan analisis sebelum memutuskan untuk membeli atau trading.

Untuk saat ini terdapat potensi volatilitas kembali pada pukul 19.30 WIB akibat adanya publikasi data inflasi Amerika.

Sehingga investor dan trader harus waspada karena kabar ini dapat menggerakkan nilai Dolar Amerika (USD) yang dapat mempengaruhi crypto.

Litecoin Ikut Menipu dengan Kabar Palsu

Di luar Bitcoin, salah satu crypto lain yang merupakan “saudara” dari Bitcoin juga mengalami volatilitas tinggi.

Crypto tersebut adalah Litecoin (LTC) yang baru saja mengalami volatilitas tinggi pada waktu yang sama namun akibat adanya fenomena berita palsu.

Berita palsu ini adalah kabar bahwa Litecoin resmi diadopsi oleh salah satu perusahaan ritel terbesar di dunia yaitu Walmart.

Sebelumnya banyak pihak yang percaya bahwa Walmart telah resmi mengadopsi Litecoin sebagai alat pembayaran di bisnisnya.

Kabar ini berhasil mendorong harga Litecoin naik sekitar 37%  hanya dalam satu jam dari pukul 19.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Namun konfirmasi langsung dilakukan oleh Walmart yang menyatakan bahwa tidak ada kerja sama atau adopsi apa pun antara Litecoin dengan Walmart.

Sayangnya telah banyak media yang tertipu dan melaporkan hal yang sama, bahkan media besar seperti Reuters.

Untuk saat ini seluruh berita terkait kerja sama tersebut telah dihapus untuk mencegah adanya kesalahpahaman.

Setelah kabar bahwa berita tersebut adalah berita palsu, Litecoin mengalami koreksi yang juga signifikan dimana harganya turun 25% dalam satu jam.

Dalam besarnya “drama” ini, pencipta dari Litecoin, Charlie Lee, telah muncul dalam sebuah wawancara resmi di Bloomberg TV.

Ia mengakui bahwa Litecoin telah membuat kesalahan besar dan meminta maaf akibat kurang teliti timnya dalam menanggapi kabar tersebut.

Selain itu ia juga menyatakan bahwa Litecoin tidak merencanakan manipulasi pasar dan tidak mendapatkan keuntungan apa pun dari pergerakan ini.

Kejadian ini mengingatkan kembali bahwa sebagai investor, ketelitian sangat diperlukan terutama saat melihat berita di sosial media.

Untuk saat ini pasar sudah mulai tenang dan nampaknya investor juga mendapatkan pelajaran baru.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.