Berita Bitcoin · 7 min read

Penerbit ETF Bitcoin Spot Kuasai 4% Pasokan Beredar BTC

etf bitcoin spot

Perusahaan penerbit ETF Bitcoin di Amerika Serikat sekarang memiliki hampir 4% dari semua Bitcoin yang telah beredar. Sebanyak 776,464 BTC (US$47,7 miliar) telah diakuisisi per Jumat (1/3/24) menurut BitMEX Research.


Kepemilikan BTC diantara penerbit ETF dipimpin oleh Grayscale’s Bitcoin Trust (GBTC). GBTC sendiri memegang hampir 3.2% dari semua Bitcoin di pasar tepat sebelum ETF Bitcoin spot diperdagangkan untuk pertama kalinya. Namun jumlah holding telah dikurangi dan hanya memiliki 2,2% (sekitar 432.000 BTC).

bitcoin
Gambar: Netflow kepemilikan BTC oleh penerbit ETF Bitcoin spot. Sumber: BitMEX

Dari sisi netflow, BlackRock menjadi yang nomor satu dalam peningkatan jumlah holding BTC dengan penambahan sekitar 151.000 BTC sejak ETF diperdagangkan. Di tempat kedua diikuti oleh Fidelity dengan penambahan sekitar 100.000 BTC.

Dengan penambahan jumlah holding yang signifikan oleh perusahaan penerbit ETF, tercatat rekor sebesar US$7,6 miliar volume harian Bitcoin yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan ini.

Tidak hanya perusahaan penerbit ETF, perusahaan lain yang juga rajin dalam menambah holding Bitcoin-nya adalah Microstrategy. Perusahaan yang dipimpin oleh Michael Saylor ini telah mengakuisisi sebanyak 193.000 BTC, atau mewakili hampir 1% dari pasokan Bitcoin yang beredar.

Baca juga: MicroStrategy Untung Rp63 Triliun dari Akumulasi Bitcoin

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.