Pendiri OneCoin Masuk Daftar Buronan Tertinggi FBI

Naufal Muhammad

2nd July, 2022

Setelah menipu investor dan berhasil kabur dengan dana sebesar $4 Miliar, Ruja Ignatova yang disebut sebagai Ratu Crypto, dikabarkan masuk daftar buronan FBI. 

Ia menduduki peringkat 10 terbesar dalam daftar buronan yang sedang dicari oleh Federal Bureau of Investigation Amerika.

Pendiri OneCoin Dikejar FBI

Ruja Ignatova atau yang dahulu mendapat julukan sebagai ratu crypto, dikabarkan sedang dikejar dan diburu oleh FBI akibat penipuan yang ia lakukan. 

Ia dikejar setelah dianggap bersalah oleh beberapa pihak hukum dan otoritas keuangan di Amerika seperti FBI, Internal Revenue Sevice atau IRS, dan Kantor Jaksa Penuntut Hukum Kriminal Amerika.     

FBI saat ini juga mengajak masyarakat Amerika untuk membantu mencarinya dengan adanya imbalan sebesar $100,000 atau sekitar Rp1,5 Miliar. 

Sebelumnya Ignatova telah dicari oleh pemerintah sejak Oktober 2017, saat adanya perintah penangkapan kepada pihak berwenang dari Pengadilan Utama Amerika. 

Ignatova dihukum atas dasar penipuan, konspirasi pencucian uang, penipuan saham, dan tuntutan atas pelanggaran yang nantinya akan ditemukan lagi saat investigasi lanjutan berjalan. 

Menurut pihak-pihak yang melakukan investigasi, Ignatova dituntut atas dasar keterlibatan dalam bagian operasional penipuan yang signifikan. 

Mereka percaya bahwa Ignatova membuat banyak investor rugi sejak tahun 2014 tanpa diketahui oleh publik dan penegak hukum. 

Setelah diketahui penegak hukum, investigasi terus dilakukan dan ditemukan bahwa kerugian yang ada mencapai angka Miliaran Dolar Amerika. 

Yang mencengangkan dari kasus ini adalah setelah ditelusuri, ternyata tidak pernah ada koin atau token crypto yang diciptakan dengan nama OneCoin

Jadi secara mudahnya, Ignatova berhasil mengambil dana dari investor sebesar $4 Miliar hanya dengan membuat skema ponzi dimana investor membeli janji kepadanya terhadap adanya potensi keuntungan. 

Apa Sebenarnya OneCoin Itu?

Ruja Ignatova adalah otak utama dibalik skema yang kemudian diberi nama sebagai OneCoin ini. 

OneCoin sendiri memiliki nama yang resmi dan terdaftar di Bulgaria sebagai sebuah perusahaan bernama OneCoin Ltd.

Perusahaan ini mengaku bergerak layaknya IOHK atau Input Output Hong Kong, yaitu perusahaan yang menerbitkan Cardano. 

Tapi perbedaannya IOHK benar menciptakan Cardano namun OneCoin Ltd. tidak menciptakan crypto apa pun. 

Setelah diperiksa, ternyata OneCoin tidak memiliki produk apa pun, ia tidak memiliki blockchain atau token dan coin yang bergerak pada blockchain. 

Banyak investor yang berhasil tertipu hanya karena cara bicara Ignatova melalui impian yang ia jual. 

Ia juga memanfaatkan kondisi pasar crypto yang sedang bergerak naik dimana ia menawarkan kesempatan kepada investor, apresiasi nilai investasi yang sangat tinggi. 

Pendiri OneCoin Masuk Daftar Buronan Tertinggi FBI
Ruja Ignatova Buronan Eropa

Ignatova menggunakan aplikasinya sendiri untuk membuat seakan-akan terdapat sebuah proyek crypto yang terlibat dalam skema ponzi multi-level marketing yang ia gunakan. 

Saat menjual OneCoin, Ignatova akan meminta investor untuk membuat akun OneCoin dan kemudian melakukan deposit serta membeli paket investasi OneCoin. 

Hasilnya, investor akan mengirim dana dari rekening pribadinya ke akun tersebut untuk melakukan pembelian. Mengingat Ignatova adalah penjual yang hebat, transaksi satu individu dapat mencapai angka ratusan hingga ribuan Dolar Amerika. 

Korban yang ia tarik sebagian juga adalah investor dengan kondisi ekonomi yang kurang baik dimana uang investasinya bukan uang dingin atau uang yang rela digunakan untuk kerugian. 

Sehingga saat resmi dinyatakan sebagai kasus penipuan, banyak korban yang dendam dan mencari Ignatova, hingga hari ini. Alasan tersebut juga mengapa sejak tahun 2017 hingga saat ini Ignatova masih dalam persembunyian. 

Hingga saat ini masih belum ada informasi mengenai keberadaannya. Tapi ia masih dicari dan masuk ke daftar buronan tertinggi di beberapa negara termasuk Amerika, Inggris, dan seluruh negara di Uni Eropa. 

Harapannya dengan adanya bantuan FBI, Ruja Ignatova akan segera ditemukan, mengingat besarnya tingkat kesuksesan FBI menangkap buronan. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.