Pencipta Ethereum Usulkan Biaya Wallet untuk Dana Pengembang

By Aulia Medina     Wednesday, March 13 2019

Vitalik Buterin, pencipta proyek blockchain ethereum telah mengusulkan kenaikan biaya gas ethereum bagi pengguna dalam jaringan untuk keperluan mendukung pengembang dengan pendanaan berkelanjutan.

“Saya mengusulkan agar kita mempertimbangkan untuk mendukung norma komunitas di mana klien dan pengembang wallet bisa (atau) harus mengenakan biaya 1 gwei / gas untuk transaksi yang dikirim melalui wallet mereka,” tweet Buterin, pada Jumat lalu.

Biaya gas ethereum dalam satuan gwei adalah pembayaran yang dilakukan oleh pengguna untuk mengkompensasi energi komputasi yang diperlukan untuk memproses dan memvalidasi transaksi pada blockchain ethereum.

Menyarankan bahwa pembayaran flat sebesar 1 gwei ($ 0,01 adalah sekitar 73.000 gwei) untuk setiap transaksi yang dikirim ke wallet-wallet ethereum secara kolektif dapat mengumpulkan hingga $ 2 juta dalam setahun, Buterin menulis:

“Dengan hanya meningkatkan biaya gas pengguna rata-rata sebesar 7 persen, akan meningkatkan pendanaan yang berkelanjutan, tidak bias secara institusional, dan berdasarkan pasar hingga $2 juta per tahun untuk klien atau pengembang wallet. Sebagai referensi, itu akan menutupi seluruh Ethereum Foundation sampai saat ini…dengan masih ada sisanya.”

Baca juga: Samsung Galaxy S10 Hanya Dukung Ethereum

Efek peningkatan biaya

Buterin menekankan bahwa Ia hanya ingin mendorong pengadaan biaya ini sebagai sebuah norma (bukan mandat) dalam ekosistem ethereum, Ia menjelaskan sudah ada tingkat kepercayaan yang tinggi antara pengguna dan wallet ethereum mereka, mengingat “wallet (yang buruk) bisa membuat Anda kehilangan semua uang Anda.”

Tanggapan masyarakat sejauh ini terhadap usulan Buterin bermacam-macam, ada satu pengguna menunjukkan bahwa bitcoin wallet MultiBit telah mencoba dan gagal dalam menerapkan biaya seperti itu.

“Pengguna mau membayar untuk sesuatu yang sebelumnya gratis. Tidak akan ada yang mau upgrade,” tweet Ken Hodler. “Akhirnya, biaya tersebut dihapus. Tanpa adanya cara yang baik untuk membayar support dan engineering, pengembangan wallet tersebut pun berhenti.”

Sumber