Berita Bitcoin · 6 min read

Pencipta Bitcoin Kembali Diklaim. Siapa Kali ini?

Seorang pria baru-baru membuat klaim dengan mengaku sebagai Satoshi Nakomoto, nama samaran pencipta Bitcoin (BTC). Debo Jurgen Etienne Guido membuat klaimnya dalam sebuah surat yang diajukan ke gedung pengadilan federal di Florida pada 22 Juli.

Guido menyampaikan suratnya kepada Hakim Bruce Reinhart – hakim yang mengawasi kasus Kleiman v. Wright yang sedang berlangsung. Guido menulis:

“Dengan ini saya bersaksi, melalui surat tertulis – Saya adalah pencetus asli dan satu-satunya / pencipta blok genesis dari blockchain Bitcoin. Saya menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto dan mengirimkan [email protected] untuk menulis dan menerbitkan bitcoin whitepaper.”

Kasus ini bermula pada Februari 2018 ketika perkebunan almarhum David Kleiman menggugat ilmuwan komputer Australia dan orang yang memproklamirkan diri sebagai Satoshi, Craig Wright karena mencuri ratusan ribu BTC. Perkebunan Kleiman membawa kasus ini ke Pengadilan Distrik Amerika Serikat di Distrik Selatan Florida, menuntut Wright sebesar $ 5 miliar.

Baca juga: Ontology dan NEO Kerja sama Bangun Platform Blockchain Lintas Rantai

Wright menyajikan dokumen yang diduga dipalsukan

Dalam perkembangan baru bulan ini, Wright mengajukan dokumen pengadilan dalam upaya yang dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa ia memegang akta kepercayaan dengan perkebunan. Stephen Palley, seorang pengacara yang tampaknya dikenal karena membahas kasus cryptocurrency, berpendapat bahwa dokumen-dokumen ini dipalsukan berdasarkan metadata dokumen tersebut. Palley berpendapat bahwa dokumen asli yang diklaim menggunakan font Microsoft yang hanya memiliki hak cipta pada tahun 2015, sedangkan dokumen tersebut konon berasal dari tahun 2012.

Selain itu, Craig Wright mengakui pada bulan Juni bahwa ia tidak dapat mematuhi perintah pengadilan untuk mendaftarkan alamat BTC awalnya. Menurut Wright, ia tidak dapat dengan mudah mengambil data karena ia berbagi komponen penting untuk mengakses dana dan dompet dengan Kleiman sebelum kematiannya.

Menurut dugaan screenshot yang diposting oleh Guido, pengacara Kleiman melalui Twitter meminta penandatanganan bersama atas blok genesis BTC. Guido tidak setuju untuk melakukannya dalam tanggapannya, sebaliknya ia mengatakan bahwa ia harus pindah ke “tempat yang aman” dan mengatakan ia harus meminta Wright untuk mencoba menandatangani sebagai gantinya.

Seperti yang sebelumnya dilaporkan oleh Cointelegraph, penulis sci-fi populer, Neal Stephenson baru-baru ini menyangkal bahwa ia adalah Satoshi. Sebuah artikel oleh The Reason rupanya menyarankan bahwa Stephenson bisa menjadi Satoshi, berdasarkan minat dan pengetahuan yang dibuktikan dalam buku-bukunya, yang mencakup karya-karya seperti Snow Crash dan Cryptonomicon.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.