Berita Mining · 5 min read

Penambang Ethereum Dapat Profit dari Biaya Gas Jaringan yang Tinggi

Setelah peluncuran token tata kelola UNISWAP, UNI, biaya gas di jaringan Ethereum meningkat pesat dan membuat banyak dari pengguna crypto yang merasa sangat berat. Namun, ternyata hal ini baik untuk para penambang Ethereum. Pasalnya, para penambang berhasil mengantongi sekitar $1 juta biaya hanya dalam satu jam. 

Kondisi pasar yang baik untuk para miners Ethereum ini, tentunya memiliki efek samping yang juga dirasakan oleh para miners. Pemicunya adalah hash rate dan kesulitan penambangan di jaringan yang juga ikut meningkat seiring dengan biaya gas yang juga melonjak pesat.

Tingkat Hash dan Kesulitan Jaringan Ethereum

Alasan ini membuat harga Ethereum mulai turun sejak awal September lalu. Namun, untuk saat ini miners masih mengantongi keuntungan dari aktivitas penambangan Ethereum.

Data dari Etherscan menunjukan bahwa hash rate telah mencapai level tertinggi dalam dua tahun terakhir dengan 255 terahash per detik. Terlebih teknologi penambangan sudah semakin canggih dengan beberapa spesifikasi yang memungkinkan miners untuk tetap untung.

Penambang Ethereum Bertambah

Di lain sisi, teknologi yang semakin canggih, membuat banyak penambang baru yang juga ikut bergabung di dalam jaringan dan memberikan efek pada peningkatan kesulitan jaringan. Dalam 24 jam terakhir saja, kesulitan penambangan di dalam jaringan meningkat 7,8% menjadi 3.306 TH, nilai baru sejak Desember 2019. 

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.