Berita Blockchain · 5 min read

Bank Sentral Brazil Tangguhkan Pembayaran dengan WhatsApp

Bank sentral Brazil memerintahkan Mastercard dan Visa untuk menangguhkan pemrosesan transfer uang atas nama WhatsApp Facebook.

Menurut informasi Bank Sentral Brazil mengambil tindakan terhadap WhatsApp Pay “untuk menjaga lingkungan kompetitif yang memadai” dan memungkinkan bank sentral untuk menilai risiko yang ditimbulkan oleh perusahaan terhadap sektor keuangan negara yang ada.

Visa dan Mastercard akan menghadapi denda berat dan sanksi administrasi jika mereka tidak menangguhkan aktivitas yang berkaitan dengan pembayaran WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Rilis Pembayaran Elektronik Fiat, Berbeda dari Libra?

Bank Akan Menilai Risiko dari Pembayaran WhatsApp

Bank Sentral Brasil (BC) mengambil langkah dengan menangguhkan operasi WhatsApp Pay Facebook di dalam perbatasannya. Mereka mengatakan sedang mengambil tindakan untuk memastikan “berfungsinya sistem pembayaran yang interoperable, cepat, aman, transparan, terbuka, dan murah”. Ia menambahkan langkah itu akan memberi bank waktu dalam “menilai risiko apa pun pada fungsi Sistem Pembayaran Brasil dan memverifikasi penyesuaian”.

WhatsApp meluncurkan sistem pembayarannya di Brasil awal bulan ini, setelah dua tahun pengujian di berbagai pasar negara berkembang. Brasil adalah pasar terbesar kedua WhatsApp dengan lebih dari 120 juta pengguna.

WhatsApp Rencanakan Integrasi PIX

Meskipun mengambil tindakan cepat terhadap WhatsApp, bank sentral Brasil juga mengumumkan bahwa fitur pembayaran kemungkinan akan diintegrasikan dengan PIX, sistem pembayaran digital seperti sistem blockchain pada bank yang akan datang.

Dilansir dari wawancara dengan Bloomberg, juru bicara WhatsApp menyatakan perusahaan mendukung proyek PIX dan berencana akan mengintegrasikan sistem dengan sistem pembayaran digital, dan menyatakan:

“Kami mendukung proyek PIX Bank Sentral dalam pembayaran digital dan bersama-sama dengan mitra kami berkomitmen untuk bekerja dengan Bank Sentral dalam mengintegrasikan sistem kami ketika PIX sudah tersedia nanti.”

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.