Pembawa Acara Ini Hasilkan Rp450 Juta dari NFT Pertamanya

Naufal Muhammad

28th April, 2021

Ellen DeGeneres, pembawa acara atau host ulung internasional, dikabarkan telah menerbitkan dan melelang Non-Fungible Token (NFT) pertamanya.

Dikabarkan bahwa NFT tersebut berbentuk gambar sederhana namun berhasil menghasilkan pendapatan yang tinggi untuk tujuan sosial.

Pembawa Acara Ulung Hasilkan Rp450 Juta

Ellen DeGeneres dikabarkan menghasilkan Rp450 Juta melalui lelang NFT pertamanya.

Ia mengabarkan bahwa penghasilan NFT akan disumbangkan ke World Central Kitchen (WCK).

WCK adalah sebuah badan organisasi amal yang memberikan makanan untuk korban bencana alam di dunia.

Dikabarkan bahwa ia melelang NFT pertamanya di sebuah bursa NFT bernama Bitski yang baru saja berlangsung kemarin, Selasa, 27 April 2021.

Dikabarkan bahwa NFT tersebut adalah ciptaannya sendiri akibat NFT itu merupakan sebuah gambar sebuah kucing sederhana.

Dalam NFT tersebut terdapat deskripsi tulisan yang bertuliskan

“Ellen sedang mengikuti fenomena internet untuk tujuan sosial dengan penerbitan karyanya berjudul “Woman With Stick Cat”.”

NFT tersebut hanya tersedia dalam 24 Jam dan berisi tiga jenis. Yang paling murah, berjudul “SILVER ‘Woman with Stick Cat’ Package,” memiliki jumlah terbatas.

Baca juga: 10 NFT Termahal yang Pernah Dijual, Ada yang Berharga Triliunan!

Dalam akhir lelang, 64 token NFT berhasil terjual masing-masing dengan harga Rp1,5 Juta, dan berisi foto Ellen dengan gambar kucingnya.

Versi kedua berjudul “GOLD ‘Woman with Stick Cat’ Package” juga menggambarkan foto pembawa acara ini dengan gambar kucingnya, namun memberikan wujud foto nyatanya juga.

Hanya tersedia 10 token NFT dalam versi tersebut dengan masing-masing terjual dengan harga sekitar Rp36,3 Juta.

Versi terakhir, berjudul “PLATINUM ‘Woman with Stick Cat’ Package” hanya memiliki satu token tersedia dengan tambahan video monolog Ellen Degeneres menjelaskan NFT tersebut.  

Versi ini terjual melalui lelang dengan harga sekitar Rp211,2 Juta hanya dalam kurang dari 24 Jam setelah dipublikasi di Twitter oleh Ellen.

Mendapat Beberapa Kritik

Walau memilik tujuan sosial yang baik, penjualan NFT oleh Ellen DeGeneres mendapatkan beberapa kritis dari komunitas NFT.

Beberapa pihak penggiat NFT menyatakan bahwa Ellen hanya mengikuti fenomena ini untuk mencari uang dan itu bukan hal yang baik.

Terdapat pihak yang juga menyatakan bahwa banyak seniman yang kesulitan untuk mendapatkan keuntungan dari NFT, tidak seperti Ellen yang memanfaatkan status artisnya.

Satu pihak menyatakan bahwa yang Ellen lakukan adalah sebuah penghinaan terhadap komunitas NFT.

Pihak tersebut menyatakan hal tersebut adalah celaan terhadap seniman yang benar-benar berusaha keras untuk mencari uang.

Baca juga: Bursa Efek New York Ikut Terbitkan NFT, Dijual di Crypto.com

Namun nampaknya pernyataan-pernyataan ini tidak hanya sebuah kritik akibat cepatnya Ellen DeGeneres menghasilkan uang.

Tapi, terlihat juga kritik lebih terarah kepada karya seni yang relatif tidak sesuai rata-rata komunitas NFT yang ujungnya menghasilkan uang banyak.

Walaupun begitu, Ellen DeGeneres tetap mendapatkan pujian dari apa yang ia lakukan akibat memiliki tujuan sosial yang berdampak besar.

Tapi intinya, apa yang pembawa acara ini lakukan membuktikan NFT sebagai fenomena yang terus tumbuh.

Dengan pertumbuhannya, maka terdapat potensi meluasnya adopsi crypto menjadi semakin besar.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.