PayPal Konfirmasi Pengembangan Layanan Crypto

Wafa Hasnaghina

15th July, 2020

PayPal, salah satu raksasa pembayaran online utama, telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya berupaya menghadirkan fasilitas layanan terkait crypto di platformnya. Hal ini berdasarkan sebuah surat yang pihaknya berikan pada Komisi Eropa pada bulan Maret lalu. Surat ini merupakan tanggapan terhadap konsultasi publik Komisi Eropa mengenai kerangka kerja pasar dalam aset crypto.

“Sebagai perusahaan FinTek yang inovatif dan sesuai dengan misinya, PayPal terus memantau dan mengevaluasi evolusi dari ruang aset crypto ini.”

Lebih lagi surat ini merinci bahwa PayPal telah memulai pengembangan dalam ruang ini bahkan sejak Libra Association bergabung menjadi anggota. PayPal terlihat memberikan tekadnya untuk terus mengkaji teknologi blockchain ini dalam upayanya untuk memberikan layanan kepada masyarakat dunia yang bahkan belum tersentuh fasilitas perbankan.

“PayPal telah mengambil langkah mandiri dan nyata untuk lebih mengembangkan kemampuannya di bidang ini, dan karenanya, tanpa mempertanyakan nilai proyek, berani mengambil keputusan untuk tidak berpartisipasi dalam Asosiasi Libra dan untuk terus fokus pada memajukan misi dan prioritas bisnis kami dalam mendemokrasikan akses menuju layanan keuangan”

Baca juga: Rumor: Paypal akan Terintegrasi dengan Crypto

PayPal dan Crypto

Jika menilik kembali pada perusahaan PayPal, bukan tidak mungkin langkah yang diambil perusahaan tersebut pada crypto ini dapat membuat pengadopsian massal penggunaan crypto sebagai mata uang dan alat transaksi.

Di Eropa saja, PayPal menjadi perusahaan besar dan terpercaya dalam memainkan peran sebagai jembatan berbagai transaksi. Ia berlisensi resmi di Luxembourg dan beroperasi pada 31 yurisdiksi di Eropa dan memiliki lebih dari 95 juta pengguna hanya di wilayah Eropa.

Dengan wilayah dukungannya yang luas tersebut, perusahaan ini ingin memanfaatkan teknologi blockchain dan aset crypto dalam membantu mencapai inklusi keuangan yang lebih besar dan membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan beberapa titik yang rusak di dalam sistem keuangan yang sekarang. 

Dengan surat ini PayPal juga berharap bahwa nantinya akan ada regulasi netral dalam mendukung inovasi dan persaingan di ruang yang terus berkembang pesat ini. 

Adopsi Massal Crypto?

Implikasi paling jelas dari ekspansi PayPal ini adalah adopsi massal. Jika PayPal secara resmi mengumumkan fasilitas ini, nantinya bukan tidak mungkin mata uang crypto akan menjadi bagian yang tidak asing lagi, dan lebih jauh mata uang crypto akan mendapat tempat yang lebih layak dalam arus utama keuangan.

Seterusnya ini akan membuat permintaan pada crypto bertambah dan mendorong industri lain, termasuk perusahaan keuangan besar yang sudah ada untuk menyediakan opsi mata uang crypto.

Adopsi PayPal ini juga akan memberikan manfaat bagi industri crypto, di mana nantinya ia dapat berperan sebagai jembatan dalam menghubungkan pengguna crypto lama maupun baru dengan sistem keuangan yang sudah ada, maupun sistem antar crypto itu sendiri.

Surat Tanggapan PayPal dapat dibaca dan diakses di sini