Pasar Crypto Kembali Stabil, EOS Memimpin Pasar

By Aulia Medina     Sunday, March 31 2019

Pasar crypto sudah kembali aman, banyak cryptocurrency unggulan menunjukan pertumbuhan dengan angka dua digit. Tampaknya pergerakan yang dipimpin IOS dapat kembali menghidupkan pasar dan beberapa investor optimis dengan ‘alt-season.’

Hampir semua dari seratus cryptocurrency membuat keuntungan. EOS yang meningkat paling banyak, memiliki harapan dari $3.70 ke 4.14% sejak pukul 23:00 GMT pada 26 Maret lalu. Sekarang telah melewati pergerakan rata-rata 200 hari, sebuah tanda bullish.

Selanjutnya adalah Cardano (ADA), yang masuk kembali ke dalam sepuluh besar menggantikan TRON (TRX). ADA sekarang diperdagangkan di atas 10% pada selasa lalu.

Bitcoin Cash (BCH) juga memperlihatkan pertumbuhan yang kuat, koinnya diperdagangkan lebih dari $10 kali ini. Stellar Lumens (XLM) naik drastis 6%.

Token utama lainnya menunjukan pertumbuhan yang terbatas. Litecoin (LTC) naik 4% sedangkan Binance Coin (BNB) dan Ether (ETH) telah meningkat 3.5%. XRP hanya naik sedikit dengan 2.7% saja.

Bitcoin (BTC) naik 3% dan menembus batas harga $4,000 untuk ketiga kalinya dalam sebulan. Diperdagangkan pada $4,072 tetapi masih belum cukup. Setiap koreksi pasar kemungkinan akan membawa nilai BTC turun.

Apakah jumlah angka ini tepat?

Para investor tidak boleh bergembira dulu, dan harus mempertanyakan apakah jumlah angka tersebut manipulasi atau bukan. Menurut laporan Bitwise baru-baru ini, ditemukan bahwa hanya ada 10 crypto exchange melaporkan volume perdagangan mereka secara akurat, ada permasalahan bahwa beberapa exchange memanipulasi volume perdagangan mereka seperti melakukan wash trading agar sesuai dengan tujuan akhir mereka.

Namun, Mati Greenspan, seorang analis pasar senior di eToro mengatakan bahwa hal ini tidak memiliki atau berdampak pada harga. “[Wash trading] tidak benar-benar berdampak pada harga bitcoin.” dia menuliskan ini dalam ringkasan hariannya.

Baca juga: Berpartner Dengan Tokocrypto, TomoChain Perluas Bisnisnya Ke Indonesia

“Dari 10 exchange asli yang menyediakan sebagian besar likuiditas di pasar ini, 9 diantaranya teregulasi dan harga bitcoin amat sangat konsisten diantara exchange tersebut,” Greenspan melanjutkan.

“Fakta bahwa harga diturunkan langsung dari pasar dan bahwa ada tingkat arbitrase yang sangat rendah antara exchange utama berarti bahwa pasar bahkan lebih rentan terhadap manipulasi.”

Apakah ini merupakan “Alt Season” baru?

Beberapa komentator termasuk Greenspan menyarankan sektor ini bersiap untuk ‘Alt Season’ baru. Ketika investor keluar dari tempat yang lebih aman, aset digital yang lebih rendah resiko, ini adalah tanda kepercayaan pasar mulai kembali.

Salah satu metrik terbaik untuk ini adalah dominasi Bitcoin, pangsa nilai pasar terdiri dari BTC. Itu jatuh ke level terendah tiga bulan minggu lalu dan pada saat ini turun ke 50.4%, ini adalah level terendah sejak Agustus tahun lalu. Dengan menempatkan nilai pada altcoin yang secara historis berisiko, investor mungkin mengembangkan prospek bullish.

Tetapi Hassan Hassan, Direktur dari Bluefield Capital tetap waspada. Walaupun dominasi BTC turun, altseasons sebelumnya telah didahului oleh lonjakan signifikan dalam harga BTC. DIa menjelaskan kepada Crypto Briefing, “Yang diikuti oleh laba dan keuntungan dialihkan ke alts, yang tercermin dalam penurunan signifikan dalam dominasi BTC.”

Hassan mengatakan seharusnya ada pergerakan dalam pasar, Ekspektasi perlu “dilunakkan” sebagaimana tren saat ini menunjukkan bahwa tidak akan ada jenis pergerakan harga yang sama seperti yang telah terjadi dulu.

Gerakan pada saat ini adalah kejutan untuk pasar. Ini dapat menjadi awal untuk altseasons baru, namun tanda tersebut belum meyakinkan. Tetapi untuk saat ini, sepertinya ini adalah kesempatan untuk optimisme.

Sumber