Pasar Blockchain Di Industri Otomotif Akan Raih $20 M Di 2029

By Aulia Medina     Saturday, June 15 2019

Pasar blockchain dalam industri otomotif dan dirgantara akan meraih lebih dari $20 miliar pada tahun 2029 mendatang, menurut laporan terbaru dari proyek penelitian pasar Reportlinker yang dirilis pada 13 Juni.

Proyek analisis yang blockchain aplikasikan kedalam industri otomotif, dirgantara, dan penerbangan akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan 60,35% antara 2019 dan 2029. Penelitian melihat fitur blockchain seperti transparansi, penyelesaian transaksi yang cepat, dan penghapusan resiko penipuan karena laju pertumbuhan yang besar. Laporan tersebut juga menyatakan:

“Layanan keuangan, pembayaran, dan asuransi untuk industri otomotif, manufaktur dan rantai pasokan untuk industri dirgantara dan penerbangan mendominasi blockchain dalam pasar pasar penerbangan dan dirgantara dan diantisipasi untuk mempertahankan dominasinya selama periode perkiraan. Hal ini terutama disebabkan oleh kompleksitas dalam rantai pasokan industri otomotif, karena ekosistem otomotif amat sangat terhubung, dan karena itu masalah ancaman siber meningkat.”

Blockchain mendominasi

Segmen blockchain pribadi yang saat ini sedang mendominasi akan mempertahankan posisinya sepanjang periode yang diperkirakan terutama karena keuntungan dari blockchain pribadi dibandingkan blockchain publik dan hybrid seperti jaringan yang sangat aman, yang diizinkan, dan kecepatan yang lebih cepat.

Baca juga: DEX atau Bursa Terpusat, Lebih Bagus Mana?

Dalam hal adopsi regional, Amerika Utara diharapkan akan memimpin dunia dalam pegaplikasian blockchain dalam pasar otomotif, kedirgantaraan dan penerbangan.

Diantara masalah yang dapat menahan pengadopsian blockchain dalam industri yang disebutkan, studi menyebutkan kurangnya kerangka peraturan, standardisasi, dan kurangnya keahlian teknis dan kesadaran di antara para pemain industri.

Menurut laporan bulan Mei, pengeluaran blockchain global akan mencapai hampir $ 2,9 miliar pada tahun 2019, yang meningkat 88.7% dari 2018. Perusahaan penelitian pasar, International Data Corporation, manufaktur, dan layanan distribusi memprediksi pengeluaran untuk blockchain yang berjumlah $653 juta dan $642 juta masing-masing di 2019.

Pada bulan April, Cointelegraph melaporkan bahwa Pemerintah federal Amerika Serikat diharapkan untuk meningkatkan pengeluaran blockchain menjadi $ 123,5 juta pada tahun 2022 — peningkatan 1.000% jika dibandingkan dengan $10.7 juta yang dihabiskan pada 2017. Pada saat itu, IDC Government Insight menyatakan:

“Kami percaya manajemen aset, manajemen identitas, dan smart contract akan memimpin solusi blockchain untuk pemerintah. Pengeluaran awal akan fokus dalam rantai pasokan dan solusi manajemen aset, semetara pengeluaran dalam beberapa tahun nanti akan diperluas untuk memasukkan lebih banyak manajemen identitas dan transaksi keuangan yang kompleks.”

Sumber