Berita Bitcoin · 6 min read

Pakar: Bitcoin Dapat Membantu 4 Miliar Orang di Negara Otoriter

Bitcoin dapat membantu 4 miliar orang di seluruh dunia yang tinggal di negara-negara otoriter, menurut pendapat dari Chief Strategy Officer-Yayasan Hak Asasi Manusia Alex Gladstein. Dan ada beberapa negara yang menerima cryptocurrency seperti Venezuela. Faktanya, lihat informasi dari Localbitcoins, dan Anda akan melihat warga negara Amerika Latin yang miskin ini membeli bitcoin seolah-olah mereka kehabisan gaya. Bahkan pada Minggu ini, jumlah pembelian BTC melonjak sebesar 11 persen dan nilai tertingginya mencapai 1.974 BTC sepanjang maa.

Jumlah di Kolombia juga melonjak ketika Venezuela melarikan diri melewati perbatasan ke padang rumput yang lebih aman. Presiden Maduro mungkin memohon kepada mereka untuk kembali ke tanah air, tetapi dengan para pensiunan yang dipaksa untuk menerima tunjangan mereka di Petro, milisi sipil dengan kekuatan 1,6 juta, mata uang nasional kehilangan nilai pada detik, dan orang-orang kelaparan di jalanan, itu hampir tidak opsi yang menggoda.

Volatilitas Bitcoin Relatif

Banyak orang menyusut dari aset yang mereka miliki mudah turun dan mudah naik dengan tiba-tibda dan bahkan mereka sempat kehilangan nilai sebesar 80% tiap tahunnya. Tetapi ketika mata uang nasional Anda sendiri terdepresiasi sebesar 95 persen dari satu hari ke hari berikutnya, bahkan aset yang “tidak stabil” seperti bitcoin menjadi menarik.

Baca Juga: Regulasi Aset Kripto: Bitcoin dan Crypto LEGAL di Indonesia!

Menurut IMF, inflasi di Venezuela akan ditutup tahun ini dengan kekalahan satu juta persen. Di AS, pasar saham menukik, protes bisnis, dan bahkan presiden terpilih menyebut Federal Reserve “gila” untuk menaikkan suku bunga dengan sepersekian persen. Satu juta persen tidak dapat dipahami oleh siapa pun yang waras, tetapi angka ini sangat nyata bagi rakyat Venezuela.

Dalam sebuah diskusi dengan ekonom Bitcoin, Editor Bisnis Spectator Martin Vander Weyer mengungkapkan, “Rakyat Venezuela sangat menyukai bitcoin, tentu saja, mereka menggunakan itu karena kekacauan yang terjadi di negara mereka.” Tapi bukan hanya Venezuela yang melihat peningkatan adopsi bitcoin.

Bitcoin di Negara Otoriter

Faktanya, bitcoin dapat menyediakan cara melindungi kekayaan orang di negara mana pun di mana orang dipaksa untuk hidup di bawah pemerintahan otoriter. Coba pikirkan Zimbabwe, di mana pemimpinnya Robert Mugabe juga mencetak begitu banyak uang sehingga ia mengurangi kekayaan warga negaranya menjadi tidak ada dan memaksa mereka untuk memuat gerobak uang tunai untuk membeli bahan makanan.

Lalu ada negara-negara dengan kebijakan hak asasi manusia yang tidak disukai seperti Turki, Iran, dan Cina. Orang-orang dapat menggunakan cryptocurrency seperti bitcoin sebagai cara menghindari pemerintah dan menghindari transaksi mereka didorong.

Cryptocurrency seperti Zcash, Dash, Litecoin, dan Monero bahkan memungkinkan orang mengirim pengiriman uang SMS, memungkinkan mereka mengakses kekayaan bahkan ketika mereka tidak dapat mengakses bank. Ini berarti bahwa para pengungsi dapat menerima pembayaran dan dimasukkan dalam sistem keuangan.

Di bawah 1 persen dunia saat ini menggunakan bitcoin. Dengan tidak lebih dari 40 juta pengguna, jumlahnya bahkan tidak cukup kuat untuk menjadi platform media sosial yang terhormat. Namun, lebih dari 50 persen dunia hidup dalam rezim otoriter. Bitcoin mungkin kikuk, tidak stabil, lambat, dan tidak terlalu ramah pengguna. Tetapi dengan peningkatan infrastruktur, dompet ponsel, pembayaran SMS, pertukaran yang lebih baik, dan pendidikan, itu dapat (dan sudah ada) membuat perbedaan bagi kehidupan 4 miliar orang yang tinggal di negara-negara otoriter.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.