Otoritas Pelabuhan Spanyol Bergabung dengan Blockchain

Aulia Medina

23rd January, 2019

Port Authority of the Bay of Algeciras (APBA) telah menandatangani persetujuan dimana mereka akan berkolaborasi dengan IBM dalam platform pengiriman Tradelens, Eropa News melaporkan pada 21 Januari. Tradelens adalah sebuah platform digital yang berbasis teknologi blockchain yang dikembangkan oleh IBM dan pengiriman internasional terbesar Maesrk.

Algeciras adalah salah satu dari top 10 pelabuhan tersibuk di Eropa, menerima lebih dari 70 juta ton muatan setiap harinya. Pada tahun 2017, pelabuhan memiliki kontainer yang memuat 4.3 juta kontainer.

Baca juga: Blockstream Luncurkan Satelit Beta API

Menurut sebuah catatan terlihat oleh Eropa New, platformnya akan memungkinkan APBA menjadi lebih aman dan secara efisien menukar informasi dan dokumentasi antara mitra dalam rantai pasokan. Setiap catatan, platformnya akan menghasilkan nilai untuk pengiriman, perusahaan pengiriman barang, operator logistik, dan perusahaan pengiriman.

Eropa Press menyatakan bahwa diakhir tahun 2018, solusi onboard lebih dari 100 organisasi dan 20 operator pelabuhan. Tradelens telah dilaporkan didaftarkan 230 juta shipment dan proses lebih 200 juta kontainer.

Operator pelabuhan terkemuka telah meningkatkan penerapan teknologi blockchain ke streamline operasi mereka. Pada bulan Oktober 2018, Port of Rotterdam di Belanda bekerja sama dengan bank utama ABN AMRO Belanda dan anak perusahaan IT Samsung untuk menguji blockchain untuk pengiriman.

Di bulan Juni 2018, anak perusahaan Abu Dhabi Ports menjadi entitas pertama di negara ini untuk menyebarkan solusi blockchainnya sendiri. Anak perusahaan, Maqta Gateway LLC, pengembangkan dan meluncurkan Silsal — teknologi yang berbasis blockchain yang bertujuan untuk memperbaiki efisiensi dalam industri pengiriman dan logistik.

Operator pelabuhan terkemuka di Inggris raya. Berasosiasi dengan British Ports, menandatangani persetujuan di bulan September 2018 dengan enabler digital logistik Marine Transport International untuk mengembangkan blockchain guna logistik pelabuhan.

Sumber