Berita Bitcoin · 6 min read

Otoritas Belarus Inginkan Aturan untuk Menyita Crypto dari Penjahat

Mulai banyak negara yang melelang Bitcoin hasil sitaan sebagai tindakan penegakan hukum. Otoritas negara bagian dari Belarus pun ingin anggota parlemen memiliki wewenang dalam mengambil crypto, seperti Bitcoin yang diambil oleh penjahat.

Komite Investigasi Republik Belarus, sebuah sistem terpusat dari badan-badan penegak hukum negara, dikabarkan berencana untuk mendukung inisiatif hukum yang akan memberi mereka wewenang untuk menyita crypto.

Ivan Noskevich, kepala Komite Investigasi, secara terbuka menyuarakan inisiatif tersebut dalam wawancara 9 Maret dengan saluran TV milik pemerintah Belarusia CTV.

Menurut eksekutif, Belarus belum memiliki peraturan hukum yang akan memungkinkan otoritas untuk merebut cryptocurrency melalui tindakan penegakan hukum hingga saat ini.

Menurut pejabat tersebut, Komite telah menghadapi masalah saat menyelidiki kasus pidana yang melibatkan cryptocurrency sebagai bagian dari pelanggaran. Dengan demikian, Komite Investigasi telah mengusulkan untuk mengubah undang-undang prosedur pidana yang ada untuk memungkinkan otoritas  untuk  bisa menyita crypto dalam berbagai kasus kejahatan.

Selain itu, Noskevich percaya bahwa otoritas harus dapat menyita crypto dari orang-orang yang menggunakannya dalam kejahatan untuk memperoleh keuntungan.

Noskevich lebih lanjut menyatakan harapannya bahwa anggota parlemen di Belarus akan menghormati sikap Komite Investigasi dan akan memasukkan amandemen yang diperlukan ke dalam hukum acara pidana yang ada.

“Kami pernah mengalami kasus seperti itu sebelumnya, tetapi tidak ada peraturan hukum tentang mekanisme untuk merebut mata uang kripto. Saya berharap bahwa legislator akan mendengarkan pendapat Komite Investigasi, dan amandemen tersebut akan dimasukkan ke dalam undang-undang prosedur pidana, ” ujarnya dilansir dari Cointelegraph.

Meskipun Presiden Belarusia Alexander Lukashenko dilaporkan telah melegalkan cryptocurrency di negara itu pada tahun 2017. Belarusia tampaknya tidak terlalu aktif perkembangan terkait crypto hingga saat ini.

Di antara berita kripto terbaru dari negara itu, jaksa penuntut umum Belarus mengangkat kekhawatiran tentang peran crypto dalam penghindaran pajak pada Juni 2019. Sebelumnya, bank terbesar Belarus, Belarusbank, dilaporkan mempertimbangkan untuk menyiapkan pertukaran mata uang kripto.

Beberapa Otoritas Secara Aktif Mulai Menyita Crypto

Sementara Komite Investigasi berjuang untuk menjadi berwenang untuk menyita kripto, sejumlah negara di seluruh dunia telah menempatkan cryptocurrency yang disita dalam lelang sebagai bagian dari praktik umum.

Dengan demikian, pemerintah Federal Belgia berencana untuk melelang Bitcoin senilai $ 125.000 pada 24 Maret 2020. Seperti diberitakan, Layanan Marshals Amerika Serikat menjual sejumlah total 185.230 bitcoin yang disita selama operasi penegakannya.

Namun, beberapa yurisdiksi tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan cryptocurrency yang disita. Pada 25 Februari, Bea Cukai Finlandia pun memiliki 1.666 Bitcoin yang disita dari penjahat narkoba bertahun-tahun yang lalu dan masih belum dapat dijual karena beberapa kekhawatiran.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.