Siaran Pers · 8 min read

Nym Technologies Mengajak Pengguna Menguji Mix Network

Nym Technologies mengajak seluruh penggunanya untuk menjalankan Mix-Nodes dalam Mix Network mereka dalam upaya bersama memecahkan krisis privasi di dunia. 

Krisis ini memang telah menjadi bahasan akhir-akhir ini, mengingat peningkatan penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari di seluruh dunia. Serta, penggunaan teknologi Blockchain dan Cryptography dengan konsep yang memungkinkan penggunanya untuk tetap menjaga kerahasiaan pribadinya walau berada pada jaringan internet aktif.

Nym Technologies sendiri merupakan salah satu perusahaan pertama dari Binance Labs Indicator. Binance Labs merupakan salah satu cabang usaha dari Binance dalam usahanya bekerjasama dengan para pengembang, komunitas, atau suatu projek terkait dengan Blockchain dan Cryptocurrency. 

Perusahaan start-up asal Swiss ini menciptakan mixnets sebagai salah satu upaya dalam menciptakan perlindungan privasi tersebut. Mixnets ini digadang-gadang akan menjadi infrastruktur masa depan yang dibangun dengan menerapkan konsep tersebut.

Mixnet secara umum merupakan protokol perutean atau routing yang menciptakan komunikasi yang sulit untuk dilacak dengan menggunakan rantai server proxy yang menggabungkan pesan-pesan dari beberapa pengirim, mengolahnya, dan mengirimkannya kembali secara acak ke tujuan berikutnya (mix-node lain).

Fitur-fitur Mixnet yang disediakan oleh Nym Technologies meliputi perlindungan terhadap pengguna, pengembang, dan juga perusahaan terhadap pengawasan massal. Tidak seperti VPN dan Tor, fasilitas ini juga dapat membantu pengguna dalam mempertahankan kerahasiaan pribadinya dari lawan atau pengawas yang memiliki kekuasaan untuk mengawasi seluruh jaringan dengan kekuatan setingkat National Security Agency sekalipun.

Harry Halpin, Co-Founder dan CEO Nym Technologies berpendapat bahwa

“dengan Nym, Anda dapat berkomunikasi dengan bebas tanpa takut jaringan internet yang Anda gunakan mengungkapkan metadata pribadi Anda”.

Selain itu, Dave Hrycyszyn, Co-Founder & CTO dari Nym Technologies yang sebelumnya bekerja pada Libra menyampaikan

“kerahasiaan pribadi adalah salah satu hak paling penting menurut kami. Sekarang ini adalah waktu yang paling genting untuk mengadopsi teknologi yang akan membantu kita melindunginya. Tidak ada jaringan yang benar-benar melindungi Anda terhadap analisis lalu lintas jaringan internet dalam skala besar.”

Pada penggunaan Bitcoin, para miner atau penambang diberikan rewards karena telah menjalankan algoritma Proof-of-Work atau protokol yang mencegah serangan cyber. Serupa dengan konsep tersebut, Mixnet yang dikeluarkan oleh Nym Technologies  ini akan memberikan rewards kepada mixer dengan menjalankan mixing packets atau pertemuan banyak paket jaringan, sehingga koneksi jaringan internet sesama pengguna menjadi pribadi.

Teck Chia dari Binance mengatakan

“internet terbuka dan gratis membutuhkan privasi sebagai fitur utama. Nym, yang diciptakan oleh tim peneliti ahli dalam bidang kerahasiaan pribadi, adalah cara terbaik untuk mencapainya. Kami bangga mendukung apa yang mereka lakukan.”

Selain itu, Gavin Wood, co-founder dari Ethereum yang sekarang bekerja pada Polkadot Web 3.0 Foundation menegaskan

“sudah saatnya kita mulai membuat jalan menuju alternatif masa depan. Mixnets yang mempelopori dan mendesentralisasikan (alternatif ini) adalah bagian penting dalam teka-teki ini.”

Jaringan pengujian atau testnet yang diluncurkan Nym akan dilakukan dalam tiga fase sepanjang tahun 2020. Fase pertama yang sudah diluncurkan ke publik adalah sistem mixnet. Kemudian akan disusul oleh fase kedua. Fase kedua ini akan mendesentralisasi mixnet tersebut memalui sebuah validator. Selanjutnya pada fase akhir akan ada pengintegrasian rewards dalam melakukan pertemuan jaringan ini.

Sejak diluncurkan bulan Desember 2019 lalu, pengujian ini telah dilakukan oleh sekelompok pengguna yang secara khusus diundang, termasuk orang-orang dari Blockstream dan Web 3.0 Foundation. Mixnet dari Nym ini bersifat umum dan berfungsi pada semua platform blockchain dan aplikasi lainnya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.