Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Nike Terima Paten Token Sepatu di Blockchain Ethereum

anisa giovanny     Friday, December 13 2019

Perusahan perlengkapan olahraga Nike, kini sudah patenkan token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) di blockchain Entherum dengan nama Cryptockicks.

Dalam sebuah dokumen yang diposting oleh U.S Patent and Trademark Office pada 10 Desember menyatakan jika Nike bermaksud untuk menghasilkan ID unik dan membuat token ERC 721 untuk beberapa sepatu.

Orang dapat “membuka” token ini dengan membeli sepatu fisik, token ini kemudian akan berisi 10 digit dengan kode indentifikasi unik untuk menandakan kepemilikan. Selain mewakili sepatu digital, token juga dapat merekam informasi sepatu digital, termasuk atribut spesifik, warna, gaya, dan lainnya. Sistem sepatu dalam blockchain ethereum ini juga bertujuan untuk memastikan keaslian barang.

Menariknya, Nike juga menyarakan jika pembuatan token bisa dikaitkan dengan penjualan sepatu yang memungkinkan untuk melakukan verifikasi kelangkaan sepatu.

Jadi, ketika konsumen membeli sepatu asli, representasi digital dari sepatu itu bisa ditampilkan, dihubungkan dengan konsumen hingga diberikan token kriptografi.

Nah, sepatu digital dengan token kriptografi secara kolektif bisa mewakili sebuah cryptokick. Token ini akan berdampingan dengan produk fisik dan produk token akan dikelola dalam aplikasi khusus guna keterlibatan dan menaikan citra Nike.

Baca juga : Nike Akan Luncurkan Mata Uang Cryptokicks

Paten Nike Mungkinkan Kontrol Pengguna Terhadap Sepatu Mereka

Paten ini juga meminjam ide dari CryptoKitties. Ini membuat pengguna bisa melakukan banyak hal terhadap sepatu termasuk dalam hal desain.

Misalnya, pengguna bisa menetapkan berapa banyak salinan sepatu yang mereka miliki bisa diproduksi ulang dan diperbanyak. Ada juga fitur surrogacy, di mana pengguna bisa menggabungkan desain sepatu satu sama lain, atau ada juga fitur “parenting/nannying features” agar ada pihak ketiga yang bisa merawat sepatu.

“Dengan menggunakan aset digital, pembeli bisa secara aman menjual sepasang sepatu fisik dan sepatu digital serta menyimpan sepatu digital dalam dompet cryptocurrency atau loker blockchain digital lainnya, “ tulis paten tersebut.

Selain itu, sepatu digital juga bisa menciptakan “keturunan sepatu” di mana ada penggabungan sepatu digital kemudian terciptalah model sepatu digital baru yang nantinya bisa diwujudkan dalam produk fisik dengan mencantumkan hak kepemilikan sepatu yang digabungkan.

Pengaplikasian token oleh Nike ini menjadi bukti bahwa blockchain semakin matang, mulai banyak perusahaan-perusahaan besar yang terlibat dan mengembangkan teknologi ini.

Sumber