Berita Regulasi · 7 min read

New York Kini Lebih Melunak untuk Ekosistem Cryptocurrency

Kota New York harus menelan kenyataan bahwa hingga saat ini menjadi kota dengan kasus konfirmasi Covid-19 tertinggi  di dunia. Di mana, di beberapa negara lainnya seperti Italia, mereka sudah memanfaatkan penggalangan dana melalui Bitcoin untuk membantu masyarakat di sana untuk melawan Covid-19.

Melalui New York Department of Financial Services (NYDFS) sebagai regulator finansial yang juga mengatur industri crytocurrency di New York, ingin mengusulkan aturan baru tentang cryptocurrency di kota tersebut.

Dalam aturan baru tersebut, perusahaan-perusahaan yang memiliki bisnis atau berhubungan dengan cryptocurrency akan semakin dipermudah operasionalnya di negara bagian dengan menggantongi “BitLicenses”, sebuah syarat untuk mengoperasikan bisnis cryptocurrency.

Hal ini untuk lebih mengoptimalkan penggunaan mata uang digital seperti Bitcoin di negara bagian. Ini merupakan jawaban dari sulitnya perusahaan yang melibatkan mata uang digital untuk bisa beroperasi di negara bagian.

Kerangka kerja ini sebenarnya sudah ada pada 2015 silam, namun kala itu banyak perusahaan yang masih berhati-hati ketika melibatkan cryptocurrency dalam bisnisnya. Tetapi, berbeda halnya dengan saat ini di mana bisnis cryptocurrency semakin menjadi industri yang lebih besar waktu ke waktu dengan menggabungkan antara keuangan dan teknologi, atau dikenal dengan istilah “fintech”.

Walaupun begitu, penerbitan BitLicenses dianggap masih akan membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun untuk sebuah bisnis cryptocurrency di negara bagian. Bahkan, sejak 2015 hingga saat ini tercatat hanya ada 25 lisensi yang diterbitkan untuk bisnis cryptocurrency.

Kelonggaran aturan baru yang ingin diusulkan oleh NYDFS meliputi kemudahan bagi perusahaan yang ingin menawarkan dan menggunakan koin baru. Di mana, NYDFS bisa mendapatkan daftar koin yang telah disetujui oleh pengguna yang dapat dipilih dan disahkan sendiri, serta digunakan oleh mereka tanpa mendapatkan persetujuan tambahan lainnya.

Lisensi ini dapat diterbitkan oleh BitLicense yang memang berhubungan langsung dengan NYDFS. Di mana, cara ini perlu diterapkan untuk semakin perluas penggunaan crytocurrency di New York, yang dikenal sebagai pusat bisnis di Amerika Serikat, dan pusat dari perkembangan crytocurrency itu sendiri di negeri Paman Sam.

Sebagai catatan, BitLicences hanya menerbitan lisensi atau izin bagi perusahaan cryptocurenncy yang bersifat sementara yakni selama 2 tahun, sama halnya seperti sertifikasi keahlian yang dikeluarkan oleh lembaga pelatihan. Namun, yang menjadi kendala saat ini adalah pemenuhan standarisasi yang tinggi yang ditetapkan untuk pemain cryptocurrency di negara bagian.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.