Berita Bitcoin · 5 min read

Momen Krusial Mingguan Bitcoin Tampak Merah, Pertama Kali Sejak April 2020

Beberapa analis crypto di Twitter tampak senang melihat kenaikan harga Bitcoin tadi malam. Namun, sepertinya indikator pengukur momentum penting pada Bitcoin berkata sebaliknya pada pagi ini. 

Beberapa indikator, menunjukan Bitcoin baru saja berbalik arah menjadi bearish untuk pertama kalinya dalam jangka waktu mingguan sejak April 2020 lalu. Kondisi ini dilakukan tepat setelah rebound pada Black Thursday dan rally setelah Halving.

Indikator MACD Mingguan Bitcoin Mengarah Bearish

Rajanya mata uang crypto, Bitcoin, ditutup di atas $10.750 tadi malam, sayangnya level tersebut sepertinya belum bisa dipertahankan lebih jauh lagi. Pagi ini, arah Bitcoin sepertinya berbalik ke bawah.

Bitcoin Berbalik Arah, Ada Hasil Tak Terduga yang Akan Terjadi?

Berbaliknya Bitcoin ke arah bearish dilihat dari indikator MACD, sering kali mengindikasikan perpanjangan waktu terjadinya sisi negatif. Terlebih, pagi ini Bitcoin membuka harga dengan penurunan sejak pertama kali sejak bulan April 2020 lalu. Setelah tren naik dengan pullback, koreksi yang lebih dalam mungkin saja terjadi.

Kondisi ini, tidak sepenuhnya buruk. Beberapa analis melihat, kondisi ini dapat juga menjadi momentum Bitcoin untuk bergerak cepat ke arah atas. Seperti halnya pada 2017 lalu, ketika mata uang crypto terbesar ini berbalik turun, sebelum akhirnya meningkat naik dengan cepat ke arah level tertingginya.

Indikator MACD sendiri digunakan sebagai alat pengukur momentum. Jika terjadi pembalikan harga setelah bullish, hal itu dapat menandakan seberapa kuat momen bullish tersebut. 

Ke Mana Harga Bitcoin akan Berlabuh?

Menurut para analis, jika membandingkan siklus pasar terakhir, mereka khawatir Bitcoin akan berada di titik A seperti pada grafik di bawah ini.

Titik A di atas terjadi ketika perubahan MACD bearish pada jangka waktu tidak teratur tetapi menghasilkan penurunan-penurunan kecil yang tidak terlihat pada grafik. Setelah itu, Bitcoin diperdagangkan side ways selama lebih dari 200 hari berikutnya.

Meskipun demikian, di saat itu pula, akhir dari pasar bearish tersebut membuat Bitcoin melonjak tinggi dari nilainya $1.000 ke $20.000. Jika hal tersebut terjadi pada nilai yang sekarang, diprediksi dengan nilainya yang berada di $10.000 sekarang, bisa membuat aset crypto tersebut berharga lebih dari $200.000 per koinnya di masa mendatang.

Semua itu, tergantung pada kondisi yang akan terjadi setelah kondisi pasar saat ini.

Informasi ini disunting dan diolah kembali dari NewsBTC

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.