Berita Exchange · 5 min read

Messari: “Real 10 Volumes” Cegah Manipulasi Perdagangan Cryptocurrency

Perusahaan analisis cryptocurrency, Messari telah menambahkan index baru untuk 10 exchange cryptocurrency, perusahaan tersebut mengumumkannya dalam postingan blog 26 Maret lalu.

Messari meluncurkan produk baru yang dijuluki “Real 10 Volumes” pada dashboard OnChainFX untuk membatasi perhitungan volume standar untuk bursa yang terpilih. Platform perdagangan “Real 10” termasuk Binance, Bitfinex, Bitflyer, Bitstamp, Bittrex, Coinbase Pro, Gemini, itBit, Kraken, dan Poloniex

Dalam postingan tersebut, Messari mengatakan bahwa exchange tersebut melaporkan “Volume perdagangan yang signifikan dan sah melalui API [application programming interface].” Perusahaan tersebut selanjutnya mengungkapkan bahwa dalam beberapa bulan mendatang akan menambahkan exchange lainnya, menambahkan data buku bersih ke data feed mereka.

Perhatian Messari pada volume “pengesahan dan signifikan” didasari atas laporan dari penyedia dana index cryptocurrency utama, Bitwise Asset Management yang menyatakan bahwa 95 persen volume exchange yang tidak teregulasi tampaknya palsu dan non-ekonomi.

Baca juga: Ethereum Foundation Temukan Bug di ABIEncoderV2 and Solidity

“Exchange yang melaporkan volume tertinggi tidak dapat dikenali. Keseluruhan laporan volume ini palsu dan/atau tidak ekonomis (manipulasi).”

Sebuah laporan dari The Tie memiliki konklusi yang mirip, mereka menemukan hampir 90% volume perdagangan yang dilaporkan exchange cryptocurrency mungkin tidak tepat. The Tie mengatakan bahwa 87 persen dari platform perdagangan yang dianalisa dilaporkan berpotensi sebagai volume perdagangan yang patut dicurigai.

Mengikuti laporan Bitwise, sumber data pasar cryptocurrency CoinMarketCap (CMC) berjanji untuk mengkalkulasi ulang bagaimana mereka memberikan peringkat untuk exchange. Eksekutif CMC menuliskan di Twitter:

“Kami mendengarkan seluruh feedback dari para pengguna kami, kami bekerja keras untuk menambahkan metrik baru jadi para pengguna bisa mendapatkan gambaran penuh mengenai exchange dan crypto dalam situs.”

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.