Mengenal Mistcoin, Token SLP yang Dapat Ditambang

Wafa Hasnaghina

25th June, 2020

Pengembang misterius bernama “Kasumi” berhasil menciptakan token Simple Ledger Protocol (SLP) yang dapat ditambang seperti Bitcoin (BTC) atau Bitcoin Cash (BCH). White paper dari proyek Mist ini dapat dilihat di situs web mistcoin.org.

Dalam situs web tersebut dijelaskan kerangka kerja SLP beserta proses penambangan bekerja. “Mist menyajikan gagasan mengenai penggunaan token SLP yang dapat ditambang dalam mengatasi masalah dengan skrip Bitcoin, yang memungkinkan token ditambang menggunakan konsep proof-of-work,” jelas white paper proyek tersebut.

“Mist sendiri merupakan token SLP yang dapat dihasilkan oleh penambangan proof-of-work dan diatur oleh skrip Bitcoin yang sederhana dan baru,” tulis laporan resmi tersebut.

Dalam white paper tersebut dijelaskan bahwa “Skrip adalah kontrak perjanjian tanpa kewarganegaraan yang menyediakan validasi dalam solusi penambangan yang dapat diterima dan jumlah hadiah penambangan yang terjadwal. Persyaratan kesulitan dalam proof-of-work yang konstan ditambah dengan OP_CHECKLOCKTIMEVERIFY membuat Mist tetap tersinkronisasi dengan ketinggian blok blockchain yang menjadi dasarnya. Sejauh yang diketahui, Mist merupakan token yang sepenuhnya otonom, terdesentralisasi, dapat ditambang yang dibangun di atas Bitcoin.” 

Penjelasan selanjutnya di dalam white paper tersebut berbunyi:

Sebelum Mist, proses mencetak token baru semata-mata dalam kendali pencipta token. Konsep baru mengenai penambangan SLP memungkinkan token berbasis Bitcoin untuk didesentralisasi dengan proses pembagian rewards penambangan tanpa memerlukan izin tertentu.

“Lebih jauh, konsep tersebut dapat digunakan dalam aplikasi yang terdesentralisasi di luar tujuan memenangkan rewards token dan dapat memanfaatkan proses penambangan dalam memfasilitasi sejumlah konsep lainnya yang menarik,” tulis laporan resmi tersebut.

Baca juga: Reddit Gunakan Token Loot Crypto Baru di Ethereum

Komunitas Penambangan Mist

Situs web Mist juga memiliki program perangkat lunak yang tersedia untuk diunduh dengan nama “mist_miner_0.0.2.zip.” Komunitas Mist yang kecil namun terus berkembang juga membuat ruang obrolan Telegram, di mana orang dapat mendiskusikan cara mengatur penambangan Mist.

Pesan yang disematkan saluran Telegram tersebut mengatakan, seseorang yang ingin menambang perlu mengklik ikon launchpad di dok dan menginstal homebrew. Dengan baris perintah terminal, pengguna perlu menginstal node js dengan homebrew, dan mengekstrak “mist_miner_0.0.2.zip” setelah memverifikasi file sha256sum.

Dari sini pengguna perlu menginstal dependensi untuk proyek, dan “mengatur Dompet Penambangan Edisi SLP Elektron”. Setelah mengatur private key dan menambahkannya ke program, pengguna perlu mendanai dompet penambangan mereka. Setelah mengirim beberapa fraksi 0,0001 BCH, pengguna dapat mulai menambang Mist token SLP dengan CPU. Setelah mengikuti semua petunjuk langkah demi langkah, cukup buka terminal dan ketik “npm start”.

Mistcoin, Token SLP Dapat Dukungan dari Komunitas Bitcoin Cash

Komunitas Bitcoin Cash tampaknya menyambut baik proyek ini, hal ini dibuktikan dari beberapa komentar dari komunitas Bitcoin Cash pada Forum Reddit yang mengatakan  “Jenis ini hal paling keren yang pernah saya lihat di SLP sejauh ini”. SLP token mistcoin (MIST) dibuat pada blok BCH 639.442 dan ada 559.200 koin yang beredar pada saat perilisan.

Baca juga: Bitcoin Cash Janjikan Sistem Pesan Terenkripsi

Sejauh ini, menurut statistik Simpleledger.infor terdapat 1.466 transaksi Mist. Lainnya, menurut “rich list” dalam situs web Mist “alamat ini di sini memiliki mistcoin paling banyak pada saat pers. Koin tersebut memiliki distribusi yang sangat merata sejauh ini, dan alamat Mist terkaya hanya memiliki sekitar 15,2 ribu mistcoin lebih dibandingkan alamat terbesar kedua yang ada di dalam daftar

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini