Mengenal Free Ton dan Ragam Kontes yang Diadakan

Anisa Giovanny

31st May, 2021

Sudah pernah mendenger nama free TON sebelumnya? Ini bukan merupakan crypto telegram yang sempat buat gempar beberapa waktu lalu, sebab TON diketahui belum pernah diluncurkan. Lalu apa itu Free Ton? Selengkapnya dapat ditemukan di artikel berikut ini.

Apa itu Free TON?

Free Ton adalah generasi terbaru blockchain dengan kecepatan ultra yang mampu memproses jutaan transaksi per detik. Free Ton dikenal karena keamanan dan skalabilitasnya, dan ramah bagi para pengguna biasa atau perusahaan yang memilih menggunakan blockchain. Blockchain ini juga merupakan supercomputer terdistribusi yang sangat besar, karena karakteristik teknisnya ini dapat memberikan tempat untuk semua blockchain top saat ini.

Free Ton diluncurkan secara remsi pada 7 Mei 2020, ketika 1.000 anggota komunitas menandatangani “Deklarasi Desentralisasi”. Perlu jadi perhatian jika proyek ini tidak ada hubungannya dengan Telegram Group Inc., meskipun didasarkan pada protokol blockchain, yang dikembangkan oleh programmer terkenal Nikolai Durov dan dapat digunakan oleh siapa saja. Sebab, kodenya tersedia bebas di Github.

Banyak orang menganggap Free TON sebagai cabang dari TON, tetapi sebenarnya tidak, karena TON sendiri tidak pernah diluncurkan.

Bagaimana dengan arsitekturnya ?

Basisnya adalah sistem operasi terdesentralisasi yang disebut “TON OS”, yang merupakan semacam tampilan penghubung antara pengguna dan jaringan blockchain itu sendiri. Dengan komputer ini dimungkinkan untuk menggambar semacam dasar paralel: jika diumpamakan maka blockchain adalah hardware/perangkat kerasnya dan “TON OS” adalah software/perangkat lunaknya untuk pengguna.

Fitur lain dari OS ini adalah tampilan TON Surf yang mirip dengan Linux. OS ini memiliki beberapa aplikasi aman yang sudah siap pakai seperti aplikasi browser, wallet, dan pesan singkat. “TON OS” adalah perangkat lunak open source yang dapat dimodifikasi dan dikembangkan oleh siapa saja. Pada intinya TON OS adalah Sistem Operasi yang terdesentralisasi.

Kontes dari Free TON

Free TON adalah multi-blockchain terdesentralisasi yang dikembangankan berkat upaya dari komunitas. Dukungan dari Developer sedang dibutuhkan saat ini. Karena itu Free Ton membuat kontes yang bisa dikuti oleh para developer.

Sesuai dengan ketentuan kontes, maka perlu untuk mengembangkan sebuah sistem dengan pembayaran rutin (berlangganan) untuk Free TON, token TIP-3 dan TON Crystal

Tanggal Kontes:

27 Mei 2021 00:00 UTC — 27 Juni 2021, 23:59 UTC

Motivasi:

Langganan bulanan adalah kunci utama monetisasi untuk web standar, dan bisa dibilang mereka adalah sumber monetisasi paling sehat untuk bisnis (terutama jika dibandingkan dengan model berbasis iklan). Tetapi di dunia blockchain belum ada sistem berlangganan kripto berfitur lengkap yang sukses.

Karena alasan ini, Free Ton memutuskan membuat smart-contract yang dapat melakukan ‘langganan’ di Free TON untuk memfasilitasi pengguna dalam dunia kripto baik pengguna maupun pemilik produk (penyedia layanan).

Tugas Umum:

Mengimplementasikan smart-contract yang mampu melakukan ‘berlangganan’ otomatis secara on-chain yang dengannya pengguna Free TON dapat membayar dan membuka akses ke DeBots/smart-contract spesial untuk waktu tertentu.

Para pengguna harus bisa melakukan pembayaran berulang kali menggunakan TON Crystal atau token TIP-3 (misalnya USDT) untuk berlangganan DeBots/Smart-Contract dan juga harus bisa membatalkan atau menghentikan sementara status berlangganan kapanpun.

Kemudian sebaliknya, pemilik DeBots/Smart-Contract harus dapat memantau para orang yang berlangganan aplikasinya untuk memberikan akses masuk dan penggunaan fitur-fitur dari DeBots/Smart-Contract miliknya. Contoh yang telah ada adalah sebagai berikut :

Solc: https://github.com/tonlabs/ton-client-js/blob/master/packages/tests/contracts/abi_v2/Subscription.sol 

C++: samples/cpp/Wallet at master · tonlabs/samples · GitHub

Hadiah Kontes:

 1. 50 000 TON (sekitar $22 000)

 2. 40 000 TON (sekitar $17 600)

3.  30 000 TON (sekitar $13 200)

 4. 20 000 TON (sekitar $8 800)

 5. 10 000 TON (sekitar $4 400)

Peserta yang menempati urutan ke 6-10, memiliki poin dan tidak dalam status voting “rejected” akan menerima hadiah hiburan sebesar 2000 TON (sekitar $880)

Syarat-syarat dapat dilihati disini

Jika kamu mengerti bagaimana cara  mengembangkan smart-contract, maka penawaran ini cocok untuk mu. Saat ini kompetisi tidak terlalu ketat, tidak akan sulit bagimu untuk masuk dalam urutan pemenang 5 besar.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency