Berita Altcoins · 5 min read

Memecoin Bertema ETF Bitcoin Ramai Beredar di Solana

Memecoin BTC ETF

Tak butuh waktu lama setelah Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) menyetujui ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat, para pengguna Solana melihat peluang dengan menciptakan sejumlah memecoin bertema ETF.

Baca juga: Daftar Aplikasi ETF Bitcoin Spot dan Perkembangannya

Memecoin Bertema ETF Bitcoin Bermunculan di Jaringan Solana

Sebuah memecoin Solana dengan ticker ETF diluncurkan pada DEX Raydium beberapa menit setelah kabar ETF Bitcoin spot disetujui pada (11/1/24) sekitar pukul empat pagi WIB.

Walaupun ticker menyerupai tema ETF, nyatanya kepanjangan ETF dari memecoin ini dalah “Electric Turkey Frier”. Begitu persetujuan itu diumumkan di situs web SEC, beberapa menit kemudian token ETF melonjak signifikan sebesar +30.800% hingga menyentuh marketcap sekitar US$200.000.

etf bitcoin
Gambar: Grafik harga dan detail token ETF. Sumber: Dexscreener

Namun tidak mengherankan setelah kenaikan harga yang signifikan, token ini kehilangan sebagian besar valuasinya dan saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$51.000.

Baca juga: Ethereum Kalahkan Performa Bitcoin, Spekulasi ETF ETH Spot?

Memecoin lainnya yang dibuat hampir bersamaan, BTCETF, juga telah melihat lonjakan diikuti penurunan signifikan dalam beberapa jam terakhir. BTCETF melonjak sekitar +43.000% setelah kabar ETF disahkan, membuat token ini menyentuh valuasi sekitar US$315.000.

Gambar: Grafik harga dan detail token BTCETF. Sumber: Dexscreener

Dalam hitungan menit, harga token ini mulai merosot dan per artikel ini ditulis, token ini hanya menyisakan valuasi sebesar US$57.000 dengan likuiditas hanya US$11.000.


Perlu dicatat bahwa trading memecoin sangat berisiko tinggi dan sering terjadi rug pull oleh penciptanya, yakni menarik likuiditas dan meninggalkan pemegang token. Harap mempertimbangkan hal ini sebelum memutuskan untuk melakukan perdagangan memecoin.

Baca juga: ETF Spot Disetujui, Dominasi Bitcoin Justru Turun

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.