Berita Blockchain · 8 min read

Mastercard Tingkatkan Anonimitas Transaksi Blockchain

Mastercard mengklaim telah mengembangkan cara baru menjaga transaksi cryptocurrency pribadi yang aman. Pada Kamis lalu, Kantor Paten dan Merek Dagang AS mengatakan, raksasa pembayaran tersebut telah mengusulkan sistemnya untuk melakukan transaksi melalui blockchain yang nantinya akan menganonimkan jumlah nominal transaksi yang dilakukan.

Sistem tersebut nantinya akan bekerja dengan menggunakan alamat perantara, selama transaksi tersebut dilakukan di ruang publik. Data transaksi kemudian disimpan, sementara transaksi baru dan tanda tangan digital dibuat menggunakan password pribadi. Data transaksi baru, yang akan berisi alamat tujuan dan jumlah pembayaran, akan dikirim. Metode tersebut sebenarnya diperuntukan bagi pengguna yang melakukan transaksi dalam skala besar. Cara ini juga untuk melanjutkan rencana Platform Blockchain agar dapat semakin dikenal dan semakin banyak digunakan oleh masyarakat untuk agar mulai beralih bertransaksi menggunakan uang digital, seperti Bitcoin.

Baca juga: Apa Itu Privacy Coin?

Namun, ada beberapa pengguna lebih suka jika cryptocurrency-blockhain menyediakan fitur anonim juga. Karena seringkali sangat sulit untuk mengidentifikasi pengguna di belakang alamat blockchain, yang berarti bahwa seseorang dapat mentransfer atau menerima dana menggunakan blockchain sementara menjaga tingkat anonimitas tinggi. ”

Namun, sebagian besar ledgers blockchain sebenarnya bukan anonim. Secara eksplisit, aplikasi mencatat bahwa transaksi dapat dilacak karena “sifat dari blockchain adalah sebagai ledgers abadi.” Akibatnya, mungkin untuk mengidentifikasi semua transaksi yang terkait dengan dompet blockchain tertentu menggunakan data publik. Pada akhirnya, pengguna dapat diidentifikasi dengan cara ini, kata paten, menjelaskan:

“Sebagai contoh, data tersebut didapat, karena terakumulasi dan dianalisis, akhirnya mengungkapkan pengguna di baliknya atau setidaknya memberikan informasi tentang mereka … Namun, komunikasi yang ada dan struktur atribusi teknologi blockchain seperti bitcoin memerlukan identifikasi di mana transaksi dimulai dan diakhiri, ”

“Dengan demikian, ada kebutuhan untuk solusi teknis untuk meningkatkan anonimisasi dompet dan pengguna terkait dengan itu, dalam blockchain.”

Aplikasi paten ini menggaet para pendukung cryptocurrency yang berfokus pada privasi seperti monero dan zcash, keduanya menggabungkan fitur untuk menyembunyikan sumber atau tujuan untuk transaksi, serta jumlah total yang ditransfer. Meskipun para pengguna mungkin lebih memilih anonimitas saat melakukan transaksi, keunggulan koin seperti monero dan zcash telah meningkat cukup banyak sehingga lembaga pemerintah seperti Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mencari cara untuk melacak dana yang dikirim melalui koin privasi.

 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Felita Setiawan

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.