Marvel Meluncurkan NFT Resmi Pertama, Dimulai dari Spider-Man

Anisa Giovanny

7th August, 2021

Akhirnya Marvel terjun ke dunia NFT, raksasa komik ini mengumumkan rencana mereka untuk merilis NFT melalui  VeVe market. NFT yang pertama kali diluncurkan adalah lima koleksi Spider-Man yang berbeda dan bisa dibeli pada 7 Agustus 2021.  

Koleksi digital Spider-Man akan berkisar dari harga $40 hingga $400 masing-masing, dengan jumlah total edisi akan berkurang setiap peningkatan skala harga. Misalnya, Amazing Spider-Man NFT “common” yang langka akan tersedia hingga 32.000 pembeli, sedangkan Ultimate Animated Spider-Man NFT “secret-rare” akan dibatasi hingga 1.000 unit.

NFT mewakili kepemilikan barang digital yang terbukti langka sebagaimana diverifikasi oleh blockchain, dan dapat berbentuk klip video, gambar diam, tweet tokenized, atau sesuatu yang lain. Seperti banyak koleksi VeVe lainnya, NFT Spider-Man ini adalah “patung digital” 3D yang dapat dilihat dari semua sudut dan ditampilkan di ruang pamer virtual pengguna yang dapat disesuaikan.

Spider-Man akan menjadi yang pertama keluar dalam kolaborasi ini, tetapi NFT tambahan akan dirilis selama bulan Agustus, atau yang disebut VeVe sebagai “Marvel Month.”

Di akhir bulan, VeVe akan menawarkan lima varian sampul “Marvel Comics #1”, buku komik asli perusahaan tahun 1939 yang memperkenalkan Human Torch dan Sub-Mariner. Penurunan itu akan ditangani dalam format “blind box” dengan masing-masing NFT tersedia seharga $6,99.

VeVe juga akan meluncurkan seri blind box Captain American NFT dalam bentuk figur digital “Marvel Mightys”. Set ini akan mencakup karakter Steve Rogers, Sam Wilson, Bucky Barnes, John F. Walker, dan Red Skull, dengan masing-masing blind box NFT dijual seharga $13 per pop.

NFT Resmi dengan Marvel Entertainment

Koleksi VeVe ini menjadi  NFT resmi pertama yang dibuat dengan kemitraan bersama  Marvel Entertainment. Menariknya, mereka bukan NFT berlisensi pertama yang menampilkan karakter Marvel.

Pada tahun 2018, 20th Century Fox bekerja sama dengan Atom Tickets merilis poster digital NFT berdasarkan filmnya Deadpool 2, yang menampilkan karakter Marvel tetapi bukan merupakan produksi in-house Marvel Studios. Disney, yang memiliki Marvel, telah mengakuisisi 20th Century Fox.

Pasar NFT sendiri telah meledak pad atahun 2021 dan kini masih terus mendapatkan perhatian, berkat hal ini volume transaksi di market NFT menghasilkan volume transaksi $2,5 miliar di paruh pertama tahun ini didorong oleh keberhasilan NBA Top Shot, penurunan karya seni di pasar NFT, dan munculnya game berbasis blockchain seperti Axie Infinity dan The Sandbox.

Buzz seputar NFT mereda di akhir musim semi dan awal musim panas, tetapi pasar kembali memanas baru-baru ini berkat penjualan NFT bernilai tinggi dan volume keseluruhan yang meningkat.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency