Maple Leaf Capital: Token IEO Bitfinex Tidak Stabil

Aulia Medina

5th July, 2019

Perusahaan investasi Cryptocurrency, Maple Leaf Capital yang disebut ampleforth (AMPL), token yang baru-baru ini dirilis dalam Initial Exchange Offering Bitfinex, “apa pun kecuali stabil” dalam serangkaian tweet yang diterbitkan pada 27 Juni.

Sementara Ampleforth dilaporkan mengumpulkan $ 4,9 juta dalam 11 detik di Tokenex awal Juni, Maple Leaf Capital mengatakan bahwa mekanisme token AMPL tidak memberikan stabilitas, dan volumenya yang rendah membuatnya mudah untuk dimanipulasi. Perusahaan kemudian menjelaskan bahwa token yang dimaksud tidak dipatok. Perusahaan menjelaskan:

“Jadi, bahkan jika harga stabil, selama lebih tinggi dari 1,05, nilai portofolio Anda meningkat karena (jumlah token yang Anda miliki) naik perlahan. Saya bisa melihat hal ini membuat narasi yang hebat – double kill untuk ritel – tidak hanya harga yang bisa dipompa, tetapi ukuran penahanan Anda juga meningkat.”

Baca juga: Binance Luncurkan BTCB, Token yang Dipatok pada Bitcoin

Menaikan harga AMPL

Lebih lanjut, Maple Leaf Capital juga mengklaim bahwa, mengingat jumlah token yang beredar, akan mudah untuk menaikkan harga AMPL secara artifisial untuk mempertahankannya di atas $ 1,05. Dalam tweet yang berbeda, perusahaan mencatat bahwa “hanya ketika skala AMPL dikatakan miliaran dolar, kekayaan yang diperlukan untuk menyimpang AMPL dari 1 akan meningkat secara signifikan.” Perusahaan juga menyarankan bahwa asumsi di balik mekanisme stabilisasi token ini cacat.

Menurut perusahaan, sementara idenya adalah pedagang akan menjual token di atas $ 1,05 dan membeli token di bawah $ 0,95, fakta bahwa memegang/memiliki token ketika mereka bernilai lebih dari $ 1,05 membawa keuntungan bagi investor mematahkan insentif yang diperlukan. Maple Leaf Capital memperkirakan hasil dari mekanisme ini:

“Siklus ekspansi dapat berupa ekspansi eksponensial (P*Q) dari nilai portofolio seseorang. Ketika harga turun di bawah 0,95 dan memasuki kontraksi, saya benar-benar dapat melihat pukulan ganda – Anda kehilangan nilai harga, dan jumlah token yang Anda miliki menyusut setiap hari. Siapa yang dalam pikiran waras akan bertindak sebagai “bank sentral” untuk menstabilkan token?”

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph kemarin, hanya 66 stablecoin – 30% dari total token yang diumumkan – sebenarnya aktif dan operasional, menurut sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan.

Juga kemarin, ada berita bahwa Goldman Sachs melakukan “penelitian ekstensif” pada tokenisasi dan penciptaan mata uang virtual.

Sumber