Berita Exchange · 6 min read

Likuiditas UNISWAP Turun 50%, Pengguna Pindah ke SUSHISWAP

Beberapa saat lalu, UNISWAP menyelesaikan program insentif likuiditas untuk penggunanya. Hal ini menyebabkan eksodus besar-besaran dari platform DeFi tersebut. 

Uniswap sendiri memiliki sistem pembuat pasar otomatis atau auto maket maker yang mengumpulkan dana dari pengguna dengan berbagai pasangan perdagangan. Misalnya saja, ETH/USDT atau UNI/ETH.

Pengguna Pergi dari UNISWAP

Nantinya, UNISWAP akan secara otomatis mencocokkan perdagangan. Sebagai imbalannya, platform tersebut akan membayar semua kontributor pools sebagian kecil dari biaya perdagangan yang dihasilkan pada platform, memberi mereka insentif untuk terus mengumpulkan dana mereka. Serta, dapat melakukan staking token likuiditas pada aplikasi DeFi lain.

Akibatnya, kumpulan tersebut sangat terpengaruh oleh banyak kumpulan yang menghasilkan hasil tertinggi bagi pengguna. Ini menjadikan mayoritas basis pengguna lebih mencari keuntungan daripada loyalitas pada DEX tertentu. Lebih lanjut, skenario ini justru menciptakan bom waktu. Pengguna akan condong mencari protokol yang memberikan hasil tertinggi untuk sementara menarik dana tertinggi, tetapi membuat pengguna akan dengan cepat keluar ketika tidak ada lagi hasil atau keuntungan yang bisa didapatkan.

Sempat menginjakan kaki di tingkat teratas dalam jumlah TVL di pasar DeFi, UNISWAP menjadi goyah ketika hampir 50% pengguna keluar dari protokol tersebut. Saat penulisan dilakukan, protokol ini kembali turun menjadi peringkat ke-5 dari sebelumnya turun ke posisi 3 hanya dalam 24 jam.

Baca juga: Program Rewards UNISWAP Selesai, Ada Eksodus Lebih dari $1 Miliar

Pengguna Disinyalir Pindah ke SUSHISWAP

Beberapa protokol lainnya kemudia berhasil “menarik” pengguna. Namun, tampaknya Susishwap yang paling banyak mengambil jumlah terbanyak pengguna dari UNISWAP. 

Proyek Sushiswap sendiri dikenal ketika melakukan migrasi dari UNISWAP dan sempat menimbulkan kontroversi lantaran penciptanya yang anonim “menjual” platform kepada orang lain. 

Baca juga:

Menurut data DeFi Pulse, semula TVL Sushiswap relatif kecil yang hanya berjumlah $250 juta pada minggu lalu, tetapi meningkat menjadi lebih dari $1,05 miliar setelah Uniswap turun peringkat.

Sementara itu, token SUSHI menunjukan kenaikan pada harga. Saat penulisan token tersebut diperdagangkan dikisaran 1,56 USD dan meningkat hampir lebih dari 18% dalam 24 jam terakhir.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.