Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 5 min read

Libra, Crypto Facebook yang Akan Perkuat Posisi Bitcoin

Menurut sebuah majalah Jerman WirtschaftsWoche, Kepala Layanan Keuangan & Kemitraan Pembayaran acebook untuk Eropa Utara, Laura McCracken, menyetujui dokumen yang  akan diluncurkan pada 18 Juni – dengan cryptocurrency berpotensi akan diluncurkan sekitar waktu yang sama.

Apa itu Libra?

Libra dirumorkan sebagai upaya Facebook untuk solusi pembayaran lintas batas tanpa kerumitan yang akan dipatok ke treasury bill dari Swiss. Cryptocurrency ini diharapkan akan banyak dipasarkan di negara-negara berkembang dengan ekonomi yang tidak stabil dan mata uang fiat nasional.

Namun, banyak ahli telah menunjukkan bahwa Libra mungkin tidak terdesentralisasi seperti Facebook menginginkan dunia untuk percaya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Facebook sedang menyiapkan yayasan di luar yang akan mengatur mata uang kripto.

Melalui yayasan, yang dibentuk oleh konglomerat raksasa teknologi, Facebook akan mengadopsi model lisensi-node. Setiap node diperkirakan akan menelan biaya $ 10 juta, dengan hingga 100 node tersedia untuk lisensi. Ini berarti bahwa, tidak seperti kebanyakan cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC), pengaturan simpul Libra kemungkinan tidak akan dapat dilakukan oleh siapa pun tanpa akses ke modal dalam jumlah besar.

Baca juga: Apa Itu Libra? Cryptocurrency Baru Buatan Facebook

Mark Zuckerberg sendiri tertarik dalam pengembangan cryptocurrency, sementara orang-orang inti dari perusahaan Facebook, termasuk CFO David Wehner dan COO Sheryl Sandberg, telah menyatakan keraguan mereka mengenai proyek tersebut.

Dengan itu, spesifikasi yang tepat dari Libra belum dirilis – yang berarti mungkin ada lebih banyak lagi yang belum terungkap.

Facebook Libra: Dorongan untuk Bitcoin

Seluruh tujuan dari proyek Libra tampaknya untuk membantu memposisikan cryptocurrency sebagai alternatif internasional seperti WeChat di Cina atau ApplePay di AS – dengan Facebook di pucuk pimpinan.

Namun, untuk mencapai hal ini, mungkin Facebook akan mengikuti pedoman Know-your-Customer (KYC) yang paling ketat, anti-penipuan, anti-money laundering (AML) dan panduan verifikasi ID – yang semuanya dapat menghambat adopsi oleh komunitas cryptocurrency tradisional yang menjaga privasi. Lagi pula, dengan $ 10 juta per node, seluruh ekonomi Libra finansial kemungkinan akan dikontrol oleh orang-orang kaya – seperti halnya bank.

Dengan itu, masuknya pemain besar lain ke dalam industri pasti akan menyinari seluruh industri cryptocurrency secara keseluruhan – dengan Bitcoin khususnya yang kemungkinan besar akan mendapat manfaat paling besar.

Sebagai cryptocurrency pseudo-anonim, diatur oleh masyarakat tanpa pimpinan perusahaan , Bitcoin kemungkinan akan menjadi tempat pertama bagi mereka yang tertarik dengan janji Libra – tetapi tidak senang dengan kompromi yang mungkin diperlukan.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.